Monday, April 17, 2006

KATA MUTIARA (ILMU)

Tanda akal seseorang itu ialah pekerjaannya dan tanda ilmu seseorang itu ialah perkataannya.

Ilmu, kata Sayidina ‘Ali bin Abi Thalib, lebih utama ketimbang harta. "Ilmu menjagamu, sedang engkaulah yang harus menjaga harta. Harta berkurang jika dibelanjakan, sedang ilmu malah tumbuh subur jika ‘dibelanjakan’ - yakni diajarkan kepada orang lain," begitu nasihatnya Kumail. Begitulah, Islam memang menjunjung tinggi ilmu - semua itu terungkap dalam Kitab Suci dan Hadis Nabi. Sayangnya, ungkapan ini sekarang menjadi semakin klise: lebih sering diungkapkan ketimbang dijalankan.

"ILMU DAN KEPANDAIAN ITU ADALAH SAHABAT YANG SETIA DALAM HIDUP SAMPAI KEPADA PENGHABISAN UMUR""Jangan pernah lupa dimana kamu berasal"

Orang-orang dari segala usia sebenarnya dapat belajar apa saja jika mereka melakukannya dengan gaya unik mereka, dengan kekuatan pribadi mereka sendiri (Barbara Prashnig, The power of Diversity)

Kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yangn kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan, 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan (Vernon A Magnesen)

Kekurangan pengetahuan adalah semisal malam gelap gulita untuk bathin kita, sebagai juga alam yang tak diterangi oleh bulan dan bintang. (Kong Hu Tju)

Pengertian tanpa peninjauan adalah kosong, peninjauan tanpa pengertian adalah buta. (Immanuel Kant)

Akan kuceritakan kepadamu apa ilmu pengetahuan itu? Ialah mengetahui kedua-duanya, apa-apa yang diketahui orang dan apa yang tidak diketahui orang. (Kong Hu Tju)
Belajar tanpa pemikiran adalah penghamburan kerjaan, pemikiran tanpa pelajaran adalah berbahaya. (Khung Tse)

Tidak ada yang lebih mencelakakan dari pada bekerja dengan tidak memakai pengetahuan. (Goethe)

(Disciplina Vitae Scipio) Ilmu pengetahuan adalah tiang hidup. (Peribahasa Latin)

No comments: