Thursday, December 29, 2011

Beda Lapisan Emas Dengan Sepuhan Emas




Apa untungnya perhiasan disepuh dan di lapis??

Dua-duanya menguntungkan, kalau kita menginginkan perhiasan murah tapi serupa emas dan hanya dipakai dalam jangka waktu yang pendek maka gunakan tekhnik sepuh kalau lebih lama gunakan lapisan


Bagaimana dengan ke awetan warna??

Sepuhan hanya beberapa minggu kalau lapisan bisa bertahun-tahun. Tergantung cara makenya juga. Selain itu keawetan lapisan tergantung kita memberi ketebalan lapisan dan menyeleksi bagian-baian mana yang akan di tebalkan. Misalnya kalau cincin maka bagian luar bawah mesti lebih tebal dari bagian samping atau atas sebab bagian tersebut sering mengalami gesekan saat menyetir mobil atau bawa motor kalau liontin bagian ring(kolongan) sama kokot (tempat memasukan kalung).

Misalnya dilapis Mana yang paling awet bros, anting, cincin, gelang, kalung,liontin atau giwang??

bros dan anting sepertinya lebih awet sebab jarang menderita gaya gesek. Yang paling cepat rusak cincin sebab tangan lebih banyak kerjanya di banding leher. Menyusul liontin, sebab sering bergesekan dengan kalung tapi bisa si siasati kalungnya jangan logam bisa dari tali atau kain. Kalau kalungnya yang dilapis sebaiknya jangan pakai liontin supaya tidak ada gesekan.
Gelang juga bisa lebih awet kalau di pakai terpisah tidak bersusun-susun sampai siku(seperti gelang keroncong). Intinya hindari gesekan sekecil mungkin terutama sesama logam.

Sampai sekarang saya masih bingung beda lapisan dengan sepuhan. Bedanya?

Misal Kita punya cincin 2 gram setelah dilapis harus ada penambahan berat. Misalnya jadi 2.2 gram,sedangkan kalau disepuh tidak ada penambahan berat.


Berapa idealnya lapisan yang di perlukan untuk sebuah perhiasan??

Tergantung kita maunya. Sebab lapisan itu bisa di target. Misalnya cincin laki-laki 9 gram mau dilapis 1 gram berat akhirnya harus 10 gram proses pelapisan baru berhenti. Tapi kalau ingin kwatlitas lumayan 10 persen dari berat semula juga sudah bagus. Kalau di lapis 20 % dari berat awal bisa lolos uji gosokan. Tapi akan ketahuan dari timbangan air. Kalau tujuannya lolos timbangan air(uji berat jenis) ada lagi triknya tapi saya tidak akan menulisnya takut di sangka ngajarin ga’ bener.


Logam apa saja yang bisa dilapis??


Semua logam bisa. hanya ada yang daya serapnya bagus ada yang kurang(boros emas tingkat penyusutan lebih banyak). Bagi saya pel’ek sepeda motor kalau mau dilapis juga bisa. kalau ban-nya saya tidak sanggup


Mahal gak??

Tergantung. Kalau harga emas lagi tinggi ya mahal (harga emas selalu naik turun). Kalau jumlah barang yang di lapis sedikit juga akan mahal.


Kenapa kalau ngelapisnya sedikit jadi mahal?? Apa berlaku semacam harga grosiran??

Ngelapis satu cin-cin sama ngelapis 4 buah cin-cin waktu yang di butuhkan hampir sama. Sekitar satu jam di depan kompor minyak tanah menghirup uap air sengkaling/portas/potassium. Dan itu bau banget (itulah sebabnya pengrajin emas umur-nya lebih pendek daripada pengrajin perak selalu bermain-main dengan zat-zat berbahaya)jadi pelapisan sebaiknya di udara terbuka. Dan sekalian. Tidak satu-satu.


Ini penting….!! Bagaimana dengan kawater yang mau ngelapis??

Saya rekomendasikan kawat-nya pake silver. Silver daya serap-nya lebih baik dari tembaga. Silver lapis emas lebih mudah memisahkan kembali unsure emas dengan perak di bandingkan dengan tembaga lapis emas


Ini lebih penting….!! Bagus mana ngelapis masih dalam bentuk kawatan mentah atau dalam bentuk perhiasan kawat sudah jadi??

Sebaiknya dalam bentuk perhiasan sudah jadi. Kalau dalam bentuk kawatan mentah pada waktu pembuatan perhiasan dia akan mengalami gaya regang(kontraksi),gaya tarik,tekuk, lilit atau uke’l bisa jadi akan menyebabkan “luka” atau gores pada lapisannya.


Sepuh dan lapis udah. ada yang lain?? Gini loch aku tuh ingin membuat tampilan bagus dengan harga murah terutama warna emas…..!!

bisa juga pake Emas Isi (Gold Filled). Ini lebih membantu dari pada Kawat Lapis emas (GOLD PLATED WIRE)

Apalagi tuh??? Bisa di perjelas…..

kalau bentuknya perhiasan lebih baik di lapis. Kalau bentuknya kawatan mentah yang mau di bentuk bagusnya pake emas isi (gold filled)….lain kali saya buat tulisannya kalau di perlukan sekarang mata saya udah pegel kelamaan didepan monitor

1 comment:

Cantika said...

Sekarang sudah gak zamannya pakai aksesoris perhiasan sama dengan lainnya sis and bro, hehe
Yuk pakai yang spesial perhiasan nama yang tiada duanya.
Ada banyak pilihan perhiasan, mulai dari kalung nama dengan spesial liontin nama khusus, yang bertuliskan nama anda. Juga ada gelang nama dengan variasi rantai ataupun plat pipih
Ada juga cincin nama khusus yang terukir nama anda ataupun pasangan anda. Bisa juga sebagai pelengkap, yaitu anting nama, dan yang suka untuk urusan tampilan saat dinas bisa pakai bross nama.
Semuanya itu hanya ada disini >> Perhiasan Nama Cantik