Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Monday, May 23, 2011

Contoh Soal Berdasarkan Tingkatan C1- C6

Inget waktu kuliah dulu tentang mata kuliah penilaian kimia yang diajar oleh bpk. prayit. Dimana saya diberi tugas untuk membuat contoh soal-soal berdasarkan jenjang kemampuan c1 samapai c6. Berikut ini ada beberapa contoh soal yang dimaksud. Contoh soalnya terkait sama pelajaran kimia ya...
Semoga informasi ini bisa bermanfaat.


Contoh soal Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.

Simbol unsur perak, tembaga, dan emas secara berturut-turut adalah.....
a. Ag, Cu, dan Au
b. Fe, Cu, dan Au
c. Sn, Ag, dan Cu
d. Pd, Ag, dan Cu

Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah.....
a. air mendidih menjadi uap air
b. gula larut dalam air panas
c. kertas dibakar menjadi abu
d. lilin meleleh karena dinyalakan

Contoh soal Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

Jumlah atom N yang terdapat pada molekul (NH4)2SO4 sebanyak.....
a. 1
b. 2
c. 4
d. 6

Contoh soal Penerapan (Application) C3
Yang termasuk jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit.

Jika diketahui massa atom relatif Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2O adalah.....
a. 19
b. 142
c. 232
d. 264

Contoh soal Analisis (Analysis) C4
Yang dimaksud jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.

Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <---> 2 SO2(g) + O2(g)
Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3. Berapakah tetapan kesetimbangannya.....
a. 2,7
b. 5,4
c. 13,5
d. 27

Contoh soal Sintesis (Synthesis) C5
Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.

Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua logam kromium adalah.....(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a. 289500 detik
b. 96500 detik
c. 48250 detik
d. 32167 detik

Contoh soal Evaluasi (Evaluation) C6
Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.

Jika diketahui potensial elektroda standar dari:

Ag­­­­+ (aq) + e ---> Ag(s) εo = +0,80 volt
http://www.blogger.com/img/blank.gif
In­­­­3+ (aq) + 3e ---> In(s) εo = -0,34 volt

Mg­2­+ (aq) + 2e ---> Mg(s) εo = -2,37 volt

Mn­2­+ (aq) + 2e ---> Mn(s) εo = -1,20 volt
Pasangan yang memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah.....
a. Ag I Ag­­­­+ II Mn­2+­ I Mn
b. In I In­­­­3+ II Ag­­­­+ I Ag
c. Mn I Mn­2+ ­II Mg­2­+ I Mg
d. Ag I Ag­­­­+ II In­­­­3+ I In

sumber here

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry