Saturday, July 28, 2012

Mencetak dua sisi (bolak-balik)

Dalam melakukan pekerjaan kita, kita sering mencetak document dengan halaman yang panjang. Kita ingin mencetak halaman tersebut dan ingin membacanya dengan nyaman. Salah satu aspek kenyamanan yaitu kemudahan membawa dalam hal ini juga ketebalan. Jika document yang kita cetak tipis, kita akan lebih nyaman membacanya. Oleh karena itu mencetak 2 sisi atau mencetak bolak-balik adalah suatu solusi mencetak yang efektif. Bagaimanakah cara kita supaya bisa mencetak bolak-balik/dua sisi ?
Kita bisa memilih mencetak halaman kemudian memasukkan kertas satu demi satu, dengan prinsip mencetak pada halaman yang kosong. Pertama kita akan mencetak halaman 1, kertas keluar kemudian kita masukkan lagi kertas tersebut dan pada halaman kedua akan mencetak di sisi yang kosong. Untuk halaman yang sedikit cara ini bisa dilakukan, tetapi bagaimana jika jumlah halamannya ada puluhan lembar ? Kita tentu akan lelah mencetaknya.
Cara lain adalah kita mencetak dulu halaman ganjil secara manual misalnya kita menulis 1,3,5,7,9,11 dan seterusnya. Setelah halaman ganjil tersebut selesai dicetak, kita masukkan lagi hasil cetakan kita ke dalam printer dan kemudian kita mencetak halaman genap dengan menulis 2,4,6,8,10, 12 dan seterusnya. Cara ini lebih baik dari cara sebelumnya tetapi mempunyai kelemahan yaitu kita salah ketik, dan jika halamannya banyak kita juga akan lelah menuliskannya.
Cara lebih baik adalah
  1. Pilih range halaman yang akan dicetak misalnya 1-50
  2. Cetak halaman ganjil secara otomatis dengan cara mengaktifkan odd only
  3. Setelah halaman ganjil tercetak, hasil cetakan tersebut dimasukkan lagi ke dalam printer dan cetaklah hanya di halaman genap
  4. Dengan demikian kita dapat mencetak halaman dengan dua sisi (bolak-balik) secara cepat

No comments: