Saturday, April 04, 2009

Paradox Kesederhanaan Warren Buffet

Warren Edward Buffet, Chairman Berkshire Hathaway, adalah orang paling tajir di planet ini versi Forbes 2008 dengan kekayaan bersih lebih dari $60 milyar. Sebagai investor pasar saham terbesar di dunia, Buffet dikenal konservatif. Buffet tekun dan sabar “menunggu” sahamnya menghasilkan, walaupun itu harus dijalaninya puluhan tahun.

Buffet muda bercita-cita terjun ke dunia investasi setelah terinspirasi buku klasik “Security Analysis” karya Benjamin Graham. Pada usia 26 tahun Buffet mendirikan Buffet Partnership Ltd. Konon waktu itu Buffet menjalankan usahanya dengan berpakaian piyama dan dari kamar tidurnya. Prospek-prospek pertamanya adalah para tetangga di sekitarnya.

Beberapa paradox dari sang “Oracle of Omaha” ini, adalah:
1. Salary-nya “cuma” $100.000 per tahun. Ini sangat kecil bila dibandingkan dengan gaji para eksekutif perusahaan top Amerika lainnya.
2. Buffet tinggal di rumah yang sama selama 50 tahun. Nilai rumah dengan 3 kamar tidur ini $700.000. Rumah ini tidak memiliki dinding pembatas dan pagar. Buffet sudah cukup puas tinggal di rumah ini.
3. Buffet menyumbangkan 83% kekayaannya untuk Bill & Melinda Gates Foundation.
4. Buffet membeli saham pertamanya pada usia 11 tahun. Buffet menyesal, kenapa dia tidak mulai bisnisnya lebih dini lagi.
5. Buffet membeli sebuah pertanian pada usia 14 tahun dari tabungannya sebagai loper koran.
6. Buffet tidak memiliki sopir pribadi dan security. Ia mengendarai mobilnya kemana-mana sendirian saja.
7. Buffet tidak pernah bepergian dengan pesawat jet pribadi, walaupun ia memiliki perusahaan jet pribadi terbesar di dunia.
8. Buffet hanya menulis satu surat setiap tahun kepada para CEO-nya dan memberi target tahunan kepada mereka.
9. Buffet tidak pernah mengadakan rapat harian seperti umumnya perusahaan.
10. Aturan Buffet kepada para CEO-nya hanya dua:
- Rule #1: do not lose any of your share holder’s money
- Rule #2: do not forget rule #1
11. Buffet tidak memiliki HP. Ia juga tidak menggunakan komputer di meja kerjanya.
12. Buffet tidak bergaul dengan kalangan kelas atas lainnya. Kegiatan senggangnya adalah menikmati popcorn dan menonton TV.
13. Saran Buffet, hindari kartu kredit dan hutang bank.

No comments: