Saturday, April 04, 2009

SEMUANYA RELATIF

Believe (kepercayaan) sifatnya relatif. Mungkin saat ini hal itu dianggap benar, tetapi lain waktu hal tersebut adalah salah. Fakta-lah kebenarannya.

Beberapa believe yang salah kaprah dalam hal ilmu pengetahuan:
1. Teori bumi adalah datar pada era sebelum renaissance (abad 14 – 17), akhirnya dibantah oleh Christopher Columbus. Faktanya, bumi itu bulat kemudian diperkuat oleh foto-foto bumi dari satelit dan kesaksian para astronot dari pesawat space shuttle.
2. Believe bahwa manusia tidak bisa berlari 1 mil kurang dari 4 menit. Faktanya, Roger Gilbert Banister memecahkan rekor tersebut pada 6 Mei 1954 (3 menit 59.4 detik).
3. Believe bahwa benda yang lebih berat dari udara tidak dapat terbang. Faktanya, Wright Bersaudara membuat dan menerbangkan pesawat eksperimen pertama pada 17 Desember 1903.

Dalam bidang bisnis, ada beberapa believe yang menghambat:
1. Believe bahwa untuk bisnis multinasional founder harus bisa berbahasa Inggris. Faktanya, Tan Sri Lim Goh Tong, owner Genting Group - Malaysia, sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris.
2. Believe bahwa imigran tidak bisa sukses. Faktanya, Lakshmi Narayan Mittal, imigran India, memulai debutnya di Surabaya dengan pabrik baja Ispat Indo. Sekarang Mittal adalah Chairman Arcelor Mittal, perusahaan baja terbesar di dunia dan ia juga menjadi salah seorang terkaya di jagad ini.
3. Believe bahwa pengusaha harus melek komputer. Faktanya, Warren Buffet, Donald Trump dan Richard Branson sama sekali tidak bisa menggunakan komputer.
4. Believe bahwa hanya orang "normal" yang bisa jadi pengusaha sukses. Faktanya, Richard Branson, Ted Turner dan James LeVoy Sorenson adalah penderita dislexia (gangguan dalam membaca).
5. Believe bahwa entrepreneur sukses harus orang berpendidikan. Faktanya, Bill Gates, Steve Jobs, Henry Ford dan Soichiro Honda adalah pengusaha otodidak.

Bagaimana dengan anda sendiri? Apakah anda punya believe yang menghambat? Mungkinkah itu cuma ilusi? Temukan fakta kebenarannya. Siapa tahu belive anda cuma mitos belaka.

No comments: