Sunday, August 26, 2012

Tutorial Mengetik Arab


Untuk mengetik arab pada windows XP sangatlah mudah, tapi itu bagi yang udah tahu caranya. Mungkin bagi yang belum tahu tentu sangat membingungkan, untuk itu saya mencoba membuat totorialnya diperuntukan bagi yang belum mengetahuinya. Begini langkah-langkahnya :

Instal Script Arab
Buka control panel – regional and language options, pilih tab languages, beri tanda (centang) install files for complex script and right-to-left languages (including thai) kemudian OK. Lalu anda akan diminta untuk memasukan CD Windos XP. Kalau anda punya CDnya kemudian masukan, lalu tunggu proses dan anda akan diminta untuk merestart computer, kemudian restart. Jika anda tidak mempunyai CD Windows XP bisa anda download scriptnya disini. Setelah anda download extract dahulu filenya. Ketika anda diminta memasukan CD klik saja OK lalu klik browse dan masukan file yang sudah diextract, klik OK, terus restart computer.
Instal Keyboard Arabic
Setelah restart ulangi sepeti pertama pilih control panel - regional and language options, pilih tab languages, kemudian klik details lalu klik add pada input language ganti bahasanya dari English menjadi Arabic (Saudi Arabia), kemudian centang keyboard layout/IME lalu pilih Arabic (102) lalu OK. Bila anda ingin mengatur pengalihan bahasa menggunakan tombol keyboard bisa mengaturnya dengan mengklik key setting. Kemudian lihat taskbar pada language bar sudah ditambahkan dengan Arabic (Saudi Arabia), kalau belum muncul silahkan restart.
Mulai deh sekarang udah bisa mengetik huruf arab tapi sebelumnya pada Ms. Word kita harus merubah dulu numeral arabic yaitu dengan memilih tools, options, pilih complex scripts, pada numeral arabic diganti dengan context. Untuk arah pengetikan anda bisa mengaturnya pada toolbar, kalau nulis arab kan arahnya dari arah kanan ke kiri, pilih aja tombol toolbar right-to-left.
O iya hampir lupa untuk daftar tombol keyboard arabicnya bisa anda download disini Setelah anda download tombol keyboardnya silahkan mengetik arab dengan cara yang disukai, bisa dengan menempel huruf arab pada tombol keyboard, atau dengan mengubah tampilan dua kolom vertikal . close semua program yang aktif, terus buka Ms. Word terus buka file tombol keyboard yang sudah didownload terus klik kanan pada taskbar, pilih tile windows vertically maka tampilan Ms. Word terbagi dua, satu dokumen kosong dan satunya lagi dokumen daftar tombol keyboard arab.
Atau dengan menggunakan on-screen keyboard, caranya close semua program yang aktif, kemudian buka Ms. Word, lalu pilih star menu, all program, accessories, accessibility, On-screen keyboard, setelah muncul simpan cursor pada halaman Ms. Word kemudian ubah language english pada taskbar diganti dengan Arabic, maka tombol huruf pada on-screen keyboard akan berubah menjadi huruf arab. Anda dapat langsung mengetik dengan menggunakan klik mouse. Tampilan on-screen keyboard tersebut seperti di bawah ini.
Silahkan anda bisa memilih dengan cara yang anda suka. Jika anda punya dan sudah menginstal koleksi font kaligrafi anda tinggal mengganti jenis font arabicnya dengan font kaligrafi. Selesai deh selamat mencoba!

No comments: