Friday, December 21, 2012

Cara Membuat Aplikasi Android Mantap!


SPECIAL FROM QUINFLYERS Wah,, sebenarnya saya pertama tidak terpikirkan dan tidak berminat untuk membuat post ini. Namun, tiba-tiba pikiran saya berubah setelah melihat suatu bacaan di Kompas yang menceritakan seorang developer asal Indonesia yang meraup jutaan bahkan ratusan juta! Salut bener dehh..,, ternyata orang Indonesia juga bisa berpikir untuk maju dan tidak hanya “tidur-tiduran” di kamarnya. Ratusan juta itu didapatkan setelah bapak Yuku Sugianto ( klo gak salah :D ).
Ia membuat sebuah aplikasi untuk versi android yang dinamai Hi-Q MP3 Recorder yang berguna untuk memaksimalkan performa mikrofon. Berawal dari ketidakpuasannya terhadap kualitas rekaman di ponsel Nokianya, ia pun mencoba merekam dengan format WAV yang ternyata sangat oke untuk merekam. Pak Yuku pun memiliki pemikiran untuk mengubah file WAV menjadi format mp3 dengan cara dikompres. Ternyata pemikirannya berbuah manis, aplikasi berbayar itu ( dihargai $2,99 tapi karena besarnya permintaan maka dinaikan menjadi $3,99 ) sudah diunduh hingga 30.00 kali dan sudah menghasilkan kira-kira 800 – “1000″ juta alias mencapai satu milyar!
Dan karena itu juga, sangat ingin lebih mendorong minat para “pejuang” Indonesia di bidang pembuatan aplikasi khususnya di android. Oke! kita mulai saja….?!
Ketika saya “berselancar” di Google, saya telah menemukan kurang lebih 4 situs yang menyediakan layanan dalam bidang pembuatan aplikasi di android. Dan yang saya ingin jelaskan sekarang adalah pembuatan dengan menggunakan Andromo. Anda bisa membuka alamatnya di andromo.com.
  1. Setelah membuka andromo, klik opsi “Start Making Android Apps”
  2. Pilih New Project ( oh yaa,, sebelumnya Anda harus registrasi terlebih dahulu – berjuang sendiri ya! )
  3. Setelah itu Anda akan memasuki area pemilihan nama aplikasi Anda, terserah Anda saja. Quinflyers telah membuat satu bernama “Quinflyers for Music” namun belum dipasarkan di Google Play.
  4. Nahh.. setelah ini andromo menyediakan 8 tab untuk mengedit-edit aplikasi Anda. Yaitu…
  •  Di tab 1 : App Info andromo mempersilahkan Anda untuk menjelaskan lebih detail tentang aplikasi yang ingin dibuat. Lalu di pertanyaan tentang “Version”, terserah Anda saja tergantung sudah berapa kali memperbaharui aplikasi. Namun, bagi yang masih baru lebih baik buat versi 1.0.
  • Selain itu Anda bisa mengisi sendiri, termasuk kategorinya, mungkin tentang game, musik, dll. Dan untuk logo, Anda bisa membuat sendiri atau mencari di Google ( 128 x 128 )
  • Di tab 2 : Activities berisi apa saja fitur yang Anda ingin masukan ke dalam aplikasi Anda. Misal bila bertema tentang musik, bisa memasukan fitur audio player. Oke, yang masih bingung saya contohkan deh
  • Setelah memilih salah satu fitur ( saya memilih yang audio player ), Anda akan memasuki halaman baru yang berisi nama fitur, icon, lalu juga bisa memilih background, opsi khususnya, dan warnanya. Bagi yang masih bingung saat pengaturan sebuah fitur, lebih baik konsultasi dengan “master newbie”nya di comment.
  • Setelah Save Changes, Anda masuk halaman pengaturan isi dari fiturnya. Bila di Audio Player, Anda diminta untuk menambah track-nya dari file komputer Anda, ataupun dari link URL ( bisa juga menggunakan layanan storage online untuk mendapatkan link filenya ). Jangan lupa tambahkan judul dan Save Changes. Lalu Anda akan kembali ke halaman sebelumnya, untuk kembali menambah lagu, pilih “Add Track to Playlist” yang ada di opsi Playlist ( paling bawah ).
  • Di tab 3 : Styles Sebenarnya Anda bisa menambah lebih dari satu fitur, misal setelah Audio Player Anda ingin menambahkan maps, atau mungkin RSS, dll. Namun kita lanjut di step berikutnya yaitu tentang “gaya”. Yang dimaksud adalah mengatur tampilan android misal dengan warna terang ( lightning, dll ), lalu komponen warna di aplikasi yang tadi Anda buat, bisa dengan warna terang ataupun gelap tergantung selera.
  • Di tab 4 : Configure the Dashboard di bagian ini lebih ditujukan untuk pengaturan teks / tulisan, dan gambar background, termasuk portrait ataupun opsi landscapenya. Anda juga perlu mengganti warna teks-nya agar lebih hidup dan lebih jelas. Ini hanya saran karena pembuatan aplikasi sendiri menuntut kreatifitas dalam diri sendiri, jadi saya tidak bisa banyak membantu di bagian ini.
  • Di tab 5 : The Action Bar ditujukan untuk mengedit komponen warna dalam judul aplikasi.
  • Di tab 6 : Advertisting & Analytics untuk penempatan iklan di aplikasi Anda. Apabila tidak ingin ada iklan di aplikasi Anda, perlu membayar sejumlah uang tertentu. Namun, bila ingin yang free, Anda harus berbagi ruang untuk iklan dengan pihak Andromo.
  • Di tab 7 : Build It! Nah… sekaranglah waktunya untuk memasarkan aplikasi android yang sudah Anda buat. Dan yang terakhir adalah Showcase setelah Anda mem-”build” aplikasi Anda. Semangat!

No comments: