Monday, August 12, 2013

Cara Menginstal PrestaShop di Komputer (Instalasi Offline)


Selain menginstal secara online atau langsung di web hosting, Anda juga dapat menginstal PrestaShop secara offline atau menginstalnya di komputer lokal. Hal ini dilakukan apabila Anda ingin melakukan modifikasi terlebih dahulu terhadap toko online PrestaShop Anda. Atau bisa juga sebagai bahan untuk percobaan dan testing sebelum toko online PrestaShop benar-benar online dan bisa diakses oleh banyak orang. Dengan cara instal secara offline, Anda juga bisa mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan toko online PrestaShop Anda, tanpa Anda khawatir akan terjadi error yang menyebabkan web toko online tidak dapat diakses. Berikut langkah-langkah untuk menginstal PrestaShop secara offline.
1.  Sebelum melakukan instalasi PrestaShop di komputer, sebelumnya pastikan Anda sudah menginstal aplikasi server lokal atau localhost seperti XAMPP, WAMP Server, PHP Triad atau yang lainnya. Dalam tutorial kali ini yang digunakan adalah aplikasi XAMPP. Silahkan Anda instal XAMPP di komputer Anda. Anda bisa membaca panduannya pada tutorial tentang cara instalasi XAMPP di komputer.  Pastikan juga Anda sudah membuat database untuk toko online PrestaShop Anda. Adapun cara membuat database bisa Anda baca di tutorial tentang cara membuat database MySQL menggunakan phpMyAdmin.
2. Apabila Anda sudah menginstal XAMPP, silahkan Anda membuat folder baru di dalam direktori htdocs yang terdapat di dalam folder XAMPP Anda. Silahkan Anda beri nama folder baru tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai contoh Anda bisa memberi nama dengan tokoonline. Kemudian silahkan Anda kopikan file installer PrestaShop ke dalam folder tersebut. File installer ini dapat Anda peroleh dengan cara mendownload dari websitenya langsung di alamat http://www.prestashop.com/en/download. Kemudian silahkan Anda ekstrak file tersebut dan letakkan di dalam folder baru yang Anda buat.
Gambar 1 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
3. Selanjutnya, silahkan Anda buka browser Anda, kemudian ketikkan localhost/tokoonline kemudian tekan tombol Enter. Kemudian akan ditampilkan halaman utama instalasi PrestaShop. Silahkan Anda pilih bahasa yang akan digunakan untuk proses instalasi. Defaultnya adalah bahasa Inggris.
Gambar 2 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
Kemudian pada bagian bawahnya, silahkan Anda pilih opsi I want to install a new online shop with PrestaShop. Pilihan ini dipilih karena Anda baru pertama kali akan menginstall PrestaShop di web Anda. Namun, apabila Anda sudah pernah menginstallnya dan ingin melakukan updet versi dari PrestaShop yang Anda gunakan, Anda bisa memilih opsi yang kedua yaitu I want to update my existing PrestaShop to a newer version. Kemudin aktifkan dengan memberi tanda cek pada opsi I agree to the above terms and conditions, kemudian klik tombol Next.
Gambar 3 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
4. Pada halaman berikutnya akan ditampilkan kompatibiliti system Anda. Silahkan Anda klik tombol Next untuk melanjutkan. Atau Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap kompatibili system Anda dengan mengklik tombol Check my settings again.
Gambar 4 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
5. Selanjutnya silahkan Anda masukkan konfigurasi dari database yang sudah Anda buat untuk toko online PrestaShop Anda. Masukkan nama database, database login dan database password pada kotak isian yang tersedia. Anda bisa mengganti tipe database dengan cara mengklik menu drop down yang ada. Kemudian silahkan klik tombol Verify my database settings untuk mengecek database Anda.
Gambar 5 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
Kemudian pada Installation type, Anda bisa memilih dari dua opsi yang tersedia. Secara default yang terpilih adalah pilihan yang kedua. Anda juga bisa melakukan beberapa konfigurasi email pada bagian E-mail configuration. Silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan.
Gambar 6 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
6. Berikutnya, silahkan Anda masukkan data-data tentang toko online Anda, seperti nama toko, kategori toko, negara default, zona waktu toko, logo toko beserta data-data nama depan, nama belakang, alamat email dan password. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
Gambar 7 - webiihost.info, hosting murah  Indonesia - Amerika - Singapore, Registrasi Domain, Reseller Hosting -
7. Selanjutnya akan ditampilkan halaman yang berisi keterangan bahwa proses instalasai PrestaShop telah berhasil. Dan jangan lupa untuk menghapus folder install dan mengganti nama folder admin untuk tujuan keamanan. Sekarang toko online Anda siap untuk digunakan.

No comments: