Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Tuesday, November 15, 2011

Macam-macam Imbuhan

Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 ” Macam-macam Imbuhan”


IMBUHAN

AWALAN (prefiks)

Awalan adalah imbuhan yang diberikan di awal kata.

Contoh : me-, ber- di-, ke-, pe-, ter-

Awalan me –

Pemakaian awalan me- bervariasi yaitu mem-, men-, meny-, meng-, dan menge-

Contoh : melapor, membaca, menarik, menyanyi, menghitung, dan mengecat

Makna awalan me- :

1. Melakukan perbuatan/tindakan.

Contoh : mengambil, menjual.

2. Melakukan perbuatan dengan alat.

Contoh : memotong, menyapu.

3. Menjadi atau dalam keadaan.

Contoh : menurun, meluap.

4. Membuat kesan.

Contoh : mengalah, membisu.

5. Menuju ke.

Contoh : mendarat, menepi.

6. Mencari.

Contoh : mendamar, merotan.

Awalan di-

Awalan di mempunyai makna suatu perbuatan aktif. Awalan di- merupakan kebalikan dari awalan me- yang bermakna aktif.

Contoh : di + siram à disiram

di + tanam à ditanam

di + beli à dibeli

Awalan ber-

Pemakaian awalan ber- mempunyai kaidah sebagai berikut.

1. Apabila diikuti kata dasar yang berhuruf (r) dan beberapa kata dasar yang suku pertamanya berakhir huruf (er), bentuk awalan ber berubah menjadi be-.

Contoh : ber + rantai à berantai

ber + kerja à bekerja

2. Apabila awalan ber- bertemu dengan kata dasar ajar, ber- berubah menjadi bel-

Contoh : ber + ajar à belajar

3. Apabila awalan ber- diikuti kata dasar selain yang disebutkan di atas, ber- tetap tanpa perubahan.

Contoh : ber + lari à berlari

ber + nyanyi à bernyanyi

Makna awaln ber-

1. Mempunyai.

Contoh : beranak, berhasil

2. Memakai/menggunakan/mengendarai.

Contoh : bersepeda, bersepatu

3. Mengeluarkan.

Contoh : berkata, bertelur

4. Menyatakan sikap mental.

Contoh : berbahagia, berbaik hati.

5. Menyatakan jumlah.

Contoh : berdua, berempat.

AWALAN pe-(n)

Pemakaian awalan pe-(n) memiliki variasi sebagaimana yang berkalu pada awalan me-(n).

Makna awalan pe-(n) :

1. Menyatakan yang melakukan perbuatan.

Contoh : penulis, pembaca.

2. Menyatakan pekerjaan.

Contoh : perpanjang, perlebar.

3. Menyatakan alat.

Contoh : penghapus, penggaris.

4. Menyatakan memiliki sifat.

Contoh : pemaaf, pemalu.

5. Menyatakan penyebab.

Contoh : pemanis, pemutih

AWALAN ke-

Makna awalan ke-

1. Menyatakan kumpulan yang terdiri dari jumlah.

Contoh : kesebelasan.

2. Menyatakan urutan.

Contoh : kesatu, kedua, ketiga

Awalan ter-

1. Awalan ter- hampir sama dengan awalan di-. Awaln ter- berfungsi untuk membentuk kata kerja pasif.

Contoh : ter + tendang à tertendang

i. ter + bakar à terbakar

2. Awalan ter- ada pula yang termasuk golongan kata sifat.

Contoh : ter + pandai à terpandai

i. ter + kecil à terkecil

Makna awalan ter-

1. Sudah di atau dapat di.

Contoh : tertutup, terbuka.

2. Ketidaksengajaan.

Contoh : terbawa, terlihat.

3. Tiba-tiba.

Contoh : teringat, terjatuh.

4. Dapat atau kemungkinan.

Contoh : ternilai, terbagus.

5. Pelaing atau super.

Contoh : terpandai, tertua.

AWALAN pe-

Umumnya tidak bias digunakan secara mandiri. Pemakaian awlan per- membutuhkan imbuhan lain misalnya –kan dan –an.

Contoh : per-kan + kembang à perkembangan

per-an + usaha à perusahaan

AWALAN se-

Makna awalan se-

1. Menyatakan satu.

Contoh : selembar, seribu.

2. Menyatakan seluruh.

Contoh : sekota, sedesa.

3. Menyatakan sama.

Contoh : sepandai, seindah.

4. Menyatakan setelah.

Contoh : sekembali

SISIPAN (infiks)

Sisipan adalah imbuhan yang diberikan di tengah kata.

Contoh : -el, -em, dan –er.

Makna sisipan :

1. Menyatakan internsitas atau frekuensi.

Contoh : geletar, gemetar

2. Menyatakan banyak dan bermacam-macam.

Contoh : temali, gemerincing

3. Memiliki sifat yang disebut dalam kata dasarnya.

Contoh : temurun, gemilang, telunjuk, pelatuk, gelembung, telapak

AKHIRAN (sufiks)

Imbuhan yang diberikan di akhir kata.

Contoh : -kan, -I, -an, -kah, -tah, dan –pun.

Akhiran -i

Makna akhiran –I :

1. Mengandung arti membentuk kalimat perintah.

Contoh :

Turuti perintahnya !

2. Menyebabkan sesuatu jadi.

Contoh :

menyakiti hati, menghargai dia

3. Menyarakan intensitas (pekerjaan yang berulang-ulang)

Contoh :

menembaki, memukuli

Akhiran –kan

Makna akhiran –kan :

1. Secara umum mengandung arti perintah.

Contoh :

Dengarkan baik-baik !

2. Menyatakan sebagai alat atau membuat dengan.

Contoh :

menusukkan pisau, melemparkan batu

3. Menyebabkan atau menjadikan sesuatu.

Contoh :

membesarkan, menjatuhkan

4. Menyatakan arti bahwa suatu pekerjaan dilakukan untuk orang lain.

Contoh :

meminjamkan, mengembalikan

5. Mentransitifkan kata kerja ke dinding

Contoh :

memantulkan

Akhiran –an

Makna akhiran –an

1. Menyatakan tempat.

Contoh : pangkalan, kubangan

2. Menyatakan alat.

Contoh : ayunan, timbangan

3. Menyatakan hal atau cara.

Contoh : didikan, pimpinan

4. Menyatakan akibat, hasil perbuatan.

Contoh : hukuman, balasan

5. Menyatakan sesuatu yang di.

Contoh : catatan, suruhan

6. Menyatakan seluruh, kumpulan.

Contoh : lautan, sayuran

7. Menyatakan menyerupai.

Contoh : anak-anakan, kuda-kudaan

8. Menyatakan tiap-tiap.

Contoh : tahunan, mingguan

9. Menyatakan mempunyai sifat.

Contoh : asinan, manisan

Akhiran –isme dan –isasi

Merupakan jenis imbuhan serapan.

Makna akhiran –isme adalah paham atau ajaran :

Contoh : komunisme, animisme, liberalisme

Makna akhiran –isasi adalah proses atau menjadikan sesuatu.

Contoh : swastanisasi, lebelisasi

Akhiran – i , – iah, – is, – wi

Merupakan jenis imbuhan serapan.

- i berasal dari bahasa Inggris.

- iah, – is, – wi berasal dari bahasa Arab

Makna akhiran – i, – iah, – is, – wi adalah membentuk kata sifat.

Contoh : insani : memiliki sifat keinsanian

alamiah : memiliki sifat alamiah, natural

agamais : menujukkan sifat orang yang taat beragama

manusiawi : bersifat kemanusiaa

AWALAN DAN AKHIRAN (konfiks)

Awalan dan akhiran adalah imbuhan yang berupa gabungan dari awalan dan akhiran.

Contoh : me-kan, pe-an, ber-an, se-nya, meper-kan

Awalan dan Akhiran me-kan, dan memper-kan

Makna me-kan:

1. Melakukan pekerjaan orang lain.

Contoh : Adik memesankan ibu makanan.

2. Menyebabkan atau membuat jadi.

Contoh : Lemparan bola itu memecahkan kaca jendela kamar.

3. Melakukan perbuatan.

Contoh : Gajah menyemburkan air dari belalainya.

4. Mengarahkan.

Contoh : Ayah meminggirkan kendaraannya.

5. Memasukkan.

Contoh : Polisi memenjarakan penjahat itu di tahanan POLDA.

Makna memper-kan :

1. Menyebabkan atau membuat jadi :

Contoh : Rini mempertotonkan kebolehannya bermain biola.

Awalan dan Akhiran ber – an

Makna :

1. Menyatakan jumlah pelaku yang banyak.

Contoh : berdatangan, berterbangan

2. Menyatakan perbuatan yang berulang-ulang

Contoh : bergulingan, berlompatan

3. Menyatakan hubungan antara dua pihak.

Contoh : bersamaan, bersebelahan, berduaan.

4. Menyatakan hubungan timbal balik.

Contoh : bersahutan, bersalaman

Awalan dan Akhiran pe – an

Makna :

1. Menyatakan hal

Contoh : pendidikan, penanaman

2. Menyatakan proses atau perbuatan.

Contoh : pendaftaran, penelitian.

3. Menyatakan hasil.

Contoh : pengakuan, peghasilan

4. Menyatakan tempat.

Contoh : penampungan, pemandian

5. Menyatakan alat.

Contoh : penglihatan, pendengaran

Awalan dan Akhiran per- an

Makna :

1. Menyatakan tempat.

Contoh : perhentian, perusahaan

2. Menyatakan daerah.

Contoh : perempatan, pertigaan

3. Menyatakan hasil perbuatan.

Contoh : pertahanan, perbuatan

4. Menyatakan perihal.

Contoh : perbukuan, perkelahian

5. Menyatakan banyak.

Contoh : persyaratan, persaudaraan

Awalan dan Akhiran se –nya

Makna :

Menyatakan makna tingkatan yang paling tinggi yang dapat dicapai.

Contoh : sebagus-bagusnya, setinggi-tingginya

Sering disertai dengan kata ulang.

Contoh : sebaik-baiknya, semerah-merahnya

PAKEM











































Diadakannya tugas-tugas yang lebih praktis (seperti dalam IPA), termasuk tugas yang memanfaatkan lingkungan sosial dan alam







Anak menggunakan lebih banyak alat bantu belajar






Hasil kerja anak ditulis dengan kata-kata mereka sendiri
(ini adalah hasil karya anak kelas 1)


































Sudut-sudut baca/perpustakaan sekolah dibuat dan dimanfaatkan




































Guru menunjukkan fleksibelitas dalam pengelolaan murid dalam pelaksanaan pembelajaran






Hasil kerja anak dipajangkan di kelas









Contoh Pembelajaran Ilmu Sains














SITUBONDO: Sains Class di SDN 2 Wringin Anom



Kepala sekolah, guru, dan Komite SDN 2 Wringin Anom salah satu sekolah binaan MBE di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo melakukan berbagai inovasi termasuk salah satu program yang namanya Sains Class.


Munculnya ide Sains Class berawal dari rapat sekolah. Adanya keinginan dari Kepala Sekolah dan Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Adanya laboratorium yang merupakan sumbangan bangunan bagi sekolah korban banjir dan juga tersedianya alat-alat praktik IPA yang merupakan hibah bagi sekolah binaan SEQIP akhirnya muncul ide mengadakan Sains Class.




Sains Class ini diperuntukkan khusus mata pelajaran IPA untuk siswa kelas tiga, empat, lima dan enam dengan memanfaatkan laboratorium yang didesain menjadi sebuah kelas. Pola pelaksanaannya dengan cara Moving Class, yaitu ketika pelajaran IPA semua siswa di kelas tersebut pindah ke kelas IPA. Dengan Moving Class diharapkan memberi suasana baru kepada siswa sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.




Kepala Sekolah SDN 2 Wringin Anom





Atas: Kepala Sekolah SDN 2 Wringin Anom mensosialisasikan rencana " Sains Class "


Bawah: Siswa kelas VI mengidentifikasi " Sifat - Sifat Magnet "





Siswa kelas VI



Dan hal tersebut benarlah ada-nya, siswa lebih senang dan termotivasi untuk belajar IPA. Tanpa di komando, ketika jam pelajaran IPA mereka bergerak sendiri ke kelas IPA dan juga produk belajar yang dihasilkan siswa lebih kreatif dan bervariatif. Hal tersebut terbukti ketika salah seorang siswa mampu menjuarai Olimpiade IPA tingkat kecamatan dan akhirnya juga lolos sebagai salah seorang wakil dari kabupaten Situbondo pada Olimpiade IPA tingkat propinsi Jawa Timur.


Terlaksananya program "Sains Class" di SDN 2 Wringin Anom tidak terlepas dari dukungan Komite Sekolah. Wali murid menyediakan prasarana yang dibutuhkan, berupa meja siswa terbuat dari bahan jati sebanyak delapan buah, 35 kursi plastik, dan sebuah papan white board beroda.




Petani Tulungrejo Menjadi Mitra Guru



Pembelajaran dengan memanfaatkan ahli/pakar secara langsung telah dilakukan di SDN Tulungrejo 04, Bumiaji, Kota Batu. Model yang dikembangkan oleh Ibu Prihastutik adalah menjalin kemitraan dengan petani dalam mengelola pembelajaran tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif di Kelas VI. Para petani, yang terdiri dari petani apel, strawberi, kentang, bawang merah, dan jamur, terlibat langsung sebagai "guru". Jadi selain ikut mengajar, para petani juga ikut memberi penilaian.


















Tenyata dengan model ini siswa belajar sangat antusias dan penuh semangat. Mereka dapat mencapai kompetesi baik dari aspek pemahaman konsep maupun kerja ilmiah.
Berikut adalah komentar para petani: "ini adalah pengalaman pertama menjadi guru", "kami sangat senang", "Setiap saat anak boleh datang ke sini", "apakah saya memberi nilai terlalu pelit?".


Tentu yang paling berbahagia atas keberhasilan dari pembelajaran ini adalah Ibu Prihastutik. Karena model pembelajaran ini telah mengantarkan Ibu Tutik menjadi Juara III Lomba KREATIVITAS SAINS DAN MATEMATIK Tingkat Jawa Timur. Selamat! Siapa lagi yang akan menyusul untuk menjadi guru yang kreatif ???



Permainan "Puzzle Domino" Untuk Pembelajaran Pecahan



Mendengar kata DOMINO pikiran kita akan langsung tertuju pada kartu permainan dengan bulatan-bulatan merah berjumlah 1-6. Biasanya kita menggunakan domino untuk bermain sambil mengisi waktu luang.


Tetapi tidak bagi ibu Juliati, Guru kelas III dari SD Songgokerto III Batu. Domino dimodifikasi dan digunakan sebagai media bagi pembelajaran pecahan pada siswa kelas III SD. Dan mengantarkan Ibu Juli sebagai JUARA I lomba KREATIVITAS GURU SAINS DAN MATEMATIK tingkat Jawa Timur. Selamat untuk Bu Juli.



Layaknya permainan domino, Ibu Juli memodifikasi bulatan-bulatan domino, dan inilah contohnya:









Aturan permainan dalam pembelajaran ini adalah:


  1. Pembelajaran pecahan-pecahan yang ekivalen. Siswa memasangkan gambar dengan angka atau angka dengan angka atau gambar dengan gambar yang senilai atau ekivalen.

  2. Pembelajaran perbandingan dua pecahan yang nilainya berbeda lebih besar. Siswa memasangkan suatu gambar dengan angka atau angka dengan angka atau gambar dengan gambar yang nilainya lebih besar

  3. Pembelajaran perbandingan dua pecahan yang nilainya berbeda lebih kecil. Aturan permainannya yaitu siswa memasangkan suatu gambar dengan angka atau angka dengan angka atau gambar dengan gambar yang nilainya lebih kecil.









Dengan menggunakan media domino yang dimodifikasi menjadi puzzle ini ternyata murid-murid kelas III menjadi lebih mudah memahami konsep pecahan. Siswa-siswa juga merasa senang karena mereka dapat belajar melalui bermain.




KEBUMEN: Anak Menulis Percakapan




Di SD Benerkulon, Kecamatan Ambal, Kebumen siswa kelas 6 telah menulis percakapan bersama temannya. Percakapan lalu dipraktikkan melalui telepon benang yang dibuat siswa sendiri. Kegiatan ini sederhana tetapi efektif dan menyenangkan!




Bpk Suyanto


Kanan: Bpk Suyanto, guru kelas 6 mendengarkan siswi membacakan percakapan ke dalam telepon benang.







PURWOREJO: Anak Menceritakan Gambar





Anak-anak kelas 2 SD




Kanan: Anak-anak kelas 2 SD 1 Kutoarjo, Purworejo sedang memotong dan mengurutkan gambar tentang hujan dan banjir. Kemudian mereka menulis cerita sesuai isi gambar.






SMPN 5 Kutoarjo: Praktik Sains



Siswa kelas 9 di SMPN 5 Kutoarjo, Purworejo biasa melakukan praktik pada saat pembelajaran sains. Pada gambar 1 mereka mengetahui bahwa daya listrik dapat dibangkitkan dari buah-buahan. Selain itu pada gambar 2 siswa kelas 9 lainnya dibantu gurunya Bpk Giono, belajar tentang seleksi alam dengan melakukan percobaan di luar kelas dengan potongan kertas kecil.








Bpk Giono


MADIUN: Anak Mencari Informasi di Atlas



Dengan kegiatan belajar mengajar yang tradisional guru bisa memberi tahu lebih banyak kepada siswa.
Dengan PAKEM lebih baik anak mencari informasi sendiri, dengan memperhatikan hal berikut: keterampilan siswa mencari informasi sama penting (atau lebih penting) daripada informasinya sendiri.




siswa kelas 6 SD


Kanan: siswa kelas 6 SD Kanigoro 3, Madiun mencari informasi mengenai laut-lautan di sekitar Indonesia.






PURWOREJO: Pembelajaran Praktik di SD Pacor 2



Salah satu sekolah yang semangatnya tinggi di Kecamatan Kutoarjo, Purworejo adalah sekolah pinggiran, yaitu SD Pacor 2. Yang diutamanakan adalah pembelajaran yang praktik, efektif dan menyenangkan. Di samping ada tiga contoh, salah satunya melibatkan masyarakat untuk membantu pembelajaran muatan lokal.







Anak kelas 6






Anak kelas 6







1. Anak kelas 6 dipandu Nyonya Parso, anggota masyarakat setempat membuat besek dari bambu.

2. Anak kelas 6 biasa memperbaiki sepeda di bawah bimbingan Kepala Sekolah Bpk Ngadino.


3. Anak kelas 2 menyusun soal dengan menggunakan lidi.









Anak kelas 2




PURWOREJO: Mencicipi Berbagai Makanan




Di SD Wonorejo Kulon, Kecamatan Butuh, Purworejo anak juga praktik sains untuk mengetahui di mana di lidah letaknya berbagai rasa: rasa asam, manis, pahit dan asin. Mereka mencicipi berbagai bahan untuk mengetahui hal tersebut.




Ibu Sri Wahyuni dan Ibu Sumarti


Pada gambar di sebelah kanan perhatikanlah bahwa guru-guru, Ibu Sri Wahyuni (kiri) dan Ibu Sumarti (kanan) ikut mencoba. Hal ini memberi semangat kepada siswa!





MADIUN: Anak Kelas 1 SD Menulis Tentang Bagian Tubuh




Banyak guru berpendapat bahwa pembelajaran sulit diterapkan. Padahal banyak ide yang mudah diterapkan. Yang penting anak yang aktif dengan misalnya berfikir dan menulis.


Bawah: Selin, siswi kelas 1 SD Nambangan Kidul, Madiun telah menggambar dan menulis tentang bagian-bagian tubuh.






Selin, siswi kelas 1







Pembelajaran yang Menyenangkan : Model “Pemainraskidal”

Pembelajaran yang Menyenangkan : Model “Pemainraskidal”


Sebagian dari faktor yang menentukan manusia meraih keberhasilan adalah ketekunan berusaha yang dilandasi dengan kecerdasan pikiran dan keteguhan hati. Kecerdasan menentukan keberhasilan berstrategi, keteguhan hati menjadi energi gerak motivasinya. Sesuatu yang diterima  hatinya dan difahami dengan cerdas berpikirnya akan lebih mudah dipelajarinya.


Masalahnya adalah bagaimana proses manusia menyukai sesuatu itu bisa berkembang? Logika dan suasana hati bagai pasang surut seperti air laut karena pergantian malam dan siang. Pikiran menjadi terang jika hati  tenang. Hati tenang ketika logika berjalan . Pikirannya tidak tenang memubuat pikiran terhenti hingga lututpun gemetar kencang. Kata-kata jadi hilang.



Contoh orang yang  sedang tidak dapat mengendalikan perasaan hati sehingga emosinya diluar kendali. Orang tidak hanya kehilangan kata-kata dan pikiran jernih jika dalam  keadaan berang. Itulah sebabnya otak dan hati itu terbukti erat terkait.


Bagaimana Pembelajaran Menyenangkan?


Mempelajari sesuatu yang menyenangkan membuat orang seolah  tidak bekerja. Sebaliknyamempelajari sesuatu yang tidak disukai, selain cepat membosankan, hasilnya tidak maksimal. Itulah sebabnya nasihat orang bijak menyatakan pelajarilah sesuatu yang paling ada sukai dan pilihlah pekerjaan yang paling sesuai.


Manusia dapat bekerja jika hatinya menyukainya. Atas dasar asumsi itu, guru perlu merancang strategi mengajar yang membuat siswa suka. Tentu saja pekerjaan ini bukan hal yang mudah. Materi pelajaran yang harus guru sampaikan tidak dikembangkan atas dasar pertimbangan mana yang siswa sukai dan mana yang tidak siswa sukai.


Materi pelajaran yang guru sampaikan bukan pilihan siswa, melainkan ditentukan dalam struktur kurikulum. Tugas guru adalah mengintervensi siswa agar mereka menyukainya.  Itulah sebabnya membuat siswa suka adala tantangan profesional guru yang kongkrit dan fenomenal.



Siswa menyukai menyukai pembelajaran sehingga proses belajar menjadi menyenangkan merupakan harapan semua guru. Untuk mewujudkan harapan itu berbagai prinsip dapat diterapkan, di antaranya;


Mengajar yang menyenangkan siswa adalah seni. Mengajar selalu memerlukan keterampolan keterampilan memainkan peran dalam menerapkan skenario seni mengajar. Keterampilan berperan dalam seni mengajar memerlukan latihan yang berulang untuk dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang terbaik. Daya presisinya selalu dipertajam dengan pertambahan  penguasaan ilmu dan keterlatihan menerapkan ilmu.


Mengajar yang menyenangkan itu memfasilitasi  siswa menjadi arsitek yang  menentukan tujuan dan strategi belajar. Peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih adalah memfasilitasi siswa merancang tujuan dan mendorong untuk mewujudkannya. Menggerakan motivasi siswa dalam mewujudkan tujuan. Jadi motvasi adalah  fungsi tujuan dan usaha.


Semakin tinggi siswa menetapkan tujuan, makin besar usaha yang harus dilakukannya. Tugas guru adalah membatu siswa mempercepat mewujudkan tujuan.  Di sini guru secara persuasif harus mengembangkan keyakinan siswa agar semakin tinggi. Dan, siswa sebaiknya memiliki percaya diri sehingga yakin akan dapat merealisasikan targetnya.



Meningkatkan kesadaran siswa memiliki cita-cita yang jelas serta meyakinkan mereka dapat mewujudkannya merupakan kunci lain untuk meningkatkan keberhasilan belajar. Keterkaitan antara antara cita-cita yang siswa, keyakinan, dan pengetahuan merupakan esensi filosofi hidup. Mengetahui tujuan dan memahami prasyarat untuk mewujudkannya merupakan bagian penting dalam pengembangan pribadi. Keterkaitan antara kebenaran, keyakinan dan pengetahuan yang seseorang miliki dapat dilihat dalam hubungan antara ketiganya pada gambar di bawah ini.



Agama membantu guru membangun cita-cita hidup siswa. Diagram di atas menggambarkan pula tentang pentingnya menetapkan cita-cita atau tujuan hidup dengan benar. Di sinilah terlihat pentingnya peran agama dalam membangun tujuan hidup siswa yang hakiki. Dalam keterkaitan ini Enstein pernah membuat pernyataan yang sangat terkenal “Science without religion is lame, religion without science is blind.”


Mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan adalah membangun  suasana belajar. Lingkungan lingkungan sekolah, interaksi sosial yang dikembangkan dalam sistem organisasi sekolah, budaya kompetitif yang sekolah kembangkan, manajemen kelas yang efektif menunjang siswa dapat belajar merupakan hal penting untuk guru perhatikan. Rose and Nicholl (2003) menyatakan bahwa pembelajaran yang menyenangkan memiliki ciri-ciri sebagai:



  1. Menciptakan lingkungan tanpa stress, lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan, namun menumbuhkan harapan maraih sukses tetap tinggi.


  2. Menjamin bahwa bahan ajar itu relevan dengan manfaat dan pentingnya dalam memenuhi harapan siswa.

  3. Menjamin bahwa secara emosional dapat berlangsung proses belajar positif, pada umumnya suasana ini dapat tumbuh jika belajar dilakukan bersama dengan orang lain, ada humor dan dorongan semangat , waktu rehat dan jeda teratur, serta dukungan antusias.

  4. Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.

  5. Menantang peserta didik untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengekspresikan yang sedang dipelajarinya dengan mengerahkan  kecerdasan secara optimal untuk memahami memahami bahan ajar.

  6. Mengkonsolidasikan bahan ajar yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periode-periode yang relaks.


Belajar yang menyenangkan adalah berinteraksi sosial. John Dewey (Wikipedia,2011) menegaskan bahwa pendidikan hendaknya berpusat pada siswa, berbasis minat siswa, belajar menyenangkan melalui pengalaman belajar yang sesungguhnya.  Untuk itu guru harus mengenali siswa dengan baik, mengamati mereka, mengembangkan interaksi sosial sebagaimana yang siswa perlukan.



Salah satu aspek penting dalam perkembangan teknologi mutahir adalah mengembangkan interaksi dalam komunitas yang mengglobal. Interaksi sosial yang sekolah kembangkan membantu siswa selalu merefleksikan hasil belajarnya dan belajar tentang aspek ideal dalam mencapai tujuan.  Secara alamiah interaksi sosial melalui kerja sama dalam komunitas menumbuhkan proses belajar berkelanjutan.


Teknologi juga mendorong percepatan belajar dalam mengembangkan kapasitas pikiran, menyerap informasi, mencari informasi, memicu percepatan, memamerkan, dan mereview hasil belajar dengan cepat agar siswa dapat beradaptasi pada perkembangan global.


Belajar menyenangkan adalah kontekstual sehingga sekolah sebagai sistem terbuka. Sekolah adalah bagian lingkungan alam dan lingkungan sosial. Oleh karena itu, siswa dikembangkan dalam lingkungan kelas yang luas. Kota atau daerah di mana sekolah berada adalah halaman kelas para siswa. Dalam bunga rampai Free-Choice Learning and the Environment  yang diedit  John H. Falk, Joe E. Heimlich, and Susan Foutz (2009) menyatakan bahwa mengembangkan suasana belajar yang menyenangkan memerlukan sekolah yang terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya.  Sekolah menjadi bagian dari sistem kehidupan yang menunjang proses belajar.


Beragam tempat yang dapat diintegrasikan seperti taman nasional, universitas, pasar, hutan lindung, museum, akuarium, kebun binatang, lokasi konservasi, tempat beribadah yang memungkinkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat siswa belajar sehingga dapat mendorong siswa berpikir divergen.



Membuat berbasis konteks likungan pada dasarnya memberi peluang kepada siswa untuk mengenali nilai-nilai dan menjelaskan konsep-konsep secara kontekstual untuk mengembangkan keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk memahami dan menghargai keterkaitan di antara manusia, budaya,dan sekitarnya. Dengan pendidikan berbasis lingkungan dapat mendorong siswa mengambil keputusan dengan cepat serta memberikan kesempatan kepada siswa memperolah pengetahuan, nilai, sikap, komitmen, dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan hidup.


Belajar menyengkan itu harus terukur. Keseluruhan kegiatan perlu dirancang dalam kurikulum, diwujudkan dalam pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terukur,  memenuhi syarat motivasi (motivate).


M = Measurable goals (tujuan yang terukur)


O = Optimal challenge (tantangan yang optimal)


T = Tangibel (dapat dilaksanakan)


I = In savety (aman dan selamat)



V = Variety (bervariasi)


A = Activity (aktivitas pengalaman belajar)


T = Targetted Positive Reinforcement (Target Penguatan yang positif)


E = Entusiasm (antusias)


Kriteria ini hendaknya guru gunakan untuk meningkatkan pembelajaran agar lebih efektif dan menyenangkan.



Model “Pemain ras kidal”



Model pembelajaran ‘pemain ras kidal’ merupakan akronim dari  pembelajaran menyenangkan, aktif, inovatif, ramah sosial, kreatif, imajinatif, dan rasional.


Pembelajaran yang aktif dan inovatif berarti bepusat pada kreativitas siswa, menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa mengembangkan potensi dirinya untuk mengembangkan ide-ide baru, mengeksplorasi informasi untuk mendapatkan hal-hal baru.


Untuk mengembangkan kapasitas siswa berpikir guru mengembangkan strategi pembelajaran yang ramah sosial. Hasil penelitian di berbagai negara terhadap perlakuan guru kepada siswa menyatakan bahwa persepsi guru dalam memperlakukan siswa berpengaruh terhadap kinerja belajar siswa. Keramahan sosial guru kepada seluruh siswa sehingga siswa punya ruang dan waktu belajar.


Pembelajaran yang menyenangkan memerlukan pembelajaran kreatif . Tujuan pembelajaran kreatif untuk meningkatkan keterampilan mengolah,  menyeleksi, dan mengubah informasi mejadi hasil karya.Penguasaan ilmu bukan merupakan puncak keberhasilan, belajar adalah berkarya.  Proses ini perlu didukung dengan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengintegrasikan kegiatan belajar dalam konteks pengalaman belajar yang bermakna untuk kehidupan siswa pada masanya. Pembelajaran yang tidak berpusat pada kepentingan siswa berarti pendidikan merampas masa depan siswa.



Pembelajaran imajinatif dan rasional merupakan paradigma baru yang tumbuh bersamaan dengan menguatnya persaingan industri antar negara. Pada saat ini produk yang bermutu tidak hanya berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga hasil persaingan kekuatan imajinasi. Lihat setiap produk masa kini, di samping merupakan hasil dari rekayasa logika, yang tidak kalah menarik adalah dalam persaingan produk imajinasi. Bentuk kemasan, penampilan produk, seni pengaturan disain, pola yang terstruktur dalam fitur-fitur baru merupakan bukti bahwa produk  imajinasi dan  rasional telah menjadi sumber daya yang kritis.


Atas dasar keperluan pengembangan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan perlu ditunjang dengan beberapa kiat praktis sehingga guru dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih imajinatif dan rasional. Ada pun beberapa kiat praktis tersebut dapat dijelaskan dalam uraian berikut;



  1. Yang baru lebih menyenangkan. Integrasikan  materi pelajaran dengan contoh peristiwa yang paling aktual. Contoh-dapat dikembangkan dengan mengambil yang  lucu, benar, dan  penuh makna dalam  merangsang otak mereka untuk berpikir.


  2. Yang menantang lebih menguras perhatian. Dalam hal ini berilah siswa dengan tantangan-tantangan yang disepakati dengan dilandasi jiwa kompetitif.

  3. Penghargaan membangkitkan kebanggaan. Guru perlu mengembangkan motivasi siswa belajar dengan cara mengembangkan  mereka merasa  dihargai. Menghargai mutu sekecil apa pun merupakan langkah penting. Membangun prakarsa untuk dihargai seperti menghasilkan pertanyaan menarik dan terbuka yang mendorong otak mereka bekerja merupakan satalah satu contoh penting.

  4. Mengurangi rasa takut berbuat salah. Memfasilitasi siswa untuk mengoreksi pikiran dengan cara yang tidak merendahkan diri merupakan hal yang perlu diperhatikan.  Permainan menggunakan kata-kata dengan cara bertanya merupakan bagian penting lain  di samping memberikan pujian.


  5. Meningkatkan keyakinan yang tinggi dapat berhasil. Mendorong siswa untuk memberikan apresiasi yang lebih besar terhadap materi pelajaran, cara belajar, dan meningkatkan keterampilan melalui pemberian peluang untuk merefleksikan hasil belajar secara adil dalam proses pembelajaran.

  6. Mengubah ancaman menjadi peluang. Ubahlah mempersepsikan beban menjadi kesenangan. Lihat pendaki gunung. Mereka membuktikan bahwa ketelatenannya dalam menundukkan kesulitan menjadi kebanggaan. Puncak gunung yang tinggi dengan ketekunan mereka ubah menjadi di bawah telapak kaki. Tak ada kesulitan yang tak dapat mereka taklukan sepanjang masih ada semangat untuk menaklukannya.

  7. Membuat tersenyum dalam kondisi yang paling sulit. Saat siswa menghadapi kesulitan belajar, buatlah mereka tersenyum karena  penguasaan pengetahuan baru ada di dekatnya. Mereka menyadari apa yang tidak mereka kuasai. Mereka dapat merumuskan masalah yang sesungguhnya belum mereka dapatkan.

  8. Mengevaluasi kemampuan siswa untuk membantu menghasilkan ide-ide baru secara indivual maupun secara berkelompok dalam mendorong siswa belajar lebih giat. Beberapa siswa menggunakan waktu lebih banyak daripada yang lain sebaiknya tidak menjadi kendala.


  9. Membangun pembiasaan membaca dan menulis sebagai basis untuk mengeksplorasi informasi baru.

  10. Integrasikan siswa dengan teknologi secara sehat dan produktif. Hal ini penting mengingat dengan semakin tingginya siswa terintegrasi terhadap teknologi, semakin kuat kemungkinan siswa menjadi sosial off line. Di samping itu dengan semakin kuat siswa terintegrasi dalam jejaring teknologi semakin kuat kemungkinan siswa terjebak dalam lembah informasi yang menjebak siswa dalam kubangan yang menjauhkan mereka dari indahnya hidup beragama.


Kesimpulan


Pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang membuat siswa belajar sehingga dapat potensi dirinya secara optimal. Untuk memfasilitasi itu, sekolah dan guru perlu menciptakan suasana dan proses belajar. Pembelajaran menjadi efektif karena siswa tahu tujuan yang hendak mereka capai, memiliki keyakinan diri yang tinggi dapat mewujudkannya, dan tahu bahwa mereka akan berhasil. Mereka tahu pula bahwa keberhasilannya itu harus dibayar dengan perjuangan. Belajar adalah bekerja untuk mewujudkan harapan. Kesenangan siswa tumbuh karena mereka selalu ditunjukkan dengan peta keberhasilannya dan mereka dihargai.


Sepuluh kiat belajar yang menyenangkan dapat dikembangkan dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan budaya siswa pada tiap satuan pendidikan. Baik di sini belum tentu baik di tempat lain. Ilmu pengetahuan tidak harus bersifat mutlak. Semua disesuaikan dengan kebutuhan pada tingkat satuan pendidikan dan di sini letak kepentingan guru selalu harus berkreasi tanpa henti.


Berikut GP lampirkan materi untuk bahan presentasi tentang mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan.



Pembelajaran yang menyenangkan (102)



Referensi:



  • http://elderton.webfactional.com/media/article_pdfs/MOTIVATE.pdf

  • http://www.elearningpost.com/images/uploads/comm.pdf

  • http://en.wikipedia.org/wiki/John_Dewey

  • John H. Falk, Joe E. Heimlich, and Susan Foutz (2009) Free-Choice Learning and the Environment. Altamira Press. New York, Toronto..

  • Rose,C and Nicholl, M. J. 1997, Accelerated Learning for The 21St Century, Judy Piatkus, London.



  • Teacher’s Perception of the Contribution of ICT to Pupils Performance in Christian Religious Education, http://www.krepublishers.com/02-Journals/JSS/JSS-22-0-000-10-Web/JSS-22-1-000-10-Abst-PDF/JSS-22-1-007-10-878-Oyedeko-G-A-K/JSS-22-1-007-10-878-Oyedeko-G-A-K-Tt.pdf



Published : Oct 23, 2011 @ 2:07

Cara Mudah Update XP SP2 ke XP SP3

Download Update Windows XP Service Pack 3 (SP3) dibawah ini

Part 01 Download

Part 02 Download

Monday, November 14, 2011

Tips: Motor irit BBM




Tips Agar Motor Irit BBM





Tak Dapat dipungkiri, BBM untuk tahun belakangan ini menjadi sesuatu yang banyak diperdebatkan. Naik turun harga bensin pun sangat berpengaruh terhadap segala aspek perekonomian, yang berakibat sembako mahal, tranportasi juga mahal dan aspek-aspek lainnya pada naik juga.

Namun disini akan memmbagi tips bagi para pengguna motor, cara Membuat Motor Kita Irit BBM dengan menghemat atau mensiasati penggunaan bensin motor kita agar lebih irit. Berikut adalah tips jitu untuk mengirit konsumsi BBM di motor anda.

1. Memasang Power Booster
Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.

2. Setel Ulang Pelampung
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.

3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.

4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.

5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.

6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.

7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.

8. Busi Lebih Panas
Jika temperatur di lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal. Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.











Saturday, November 12, 2011

PointBlank Thailand




[PB] Point Blank Thailand






Nihhh .. Buat Yang Stress Maen PB Indo ?? atau Mau Mencoba Senjata Kriss V ?? atau Pengen Map2 Baru ?? Mode2 Baru ??? Cobain PB Ini

Pertama2 Saya Mengucapkan Puji Syukur Terhadap ***** YME. Atas Dirilis nya Game Ini .. , Tanpa Basa-Basi .. Check it Out !

Fitur Game nya :
1.Kalau Baru Bkin ID nanti Di Kasi Point 30000
2.Semua Senjata SI ( Kecuali Mp7 ) Di Jual Dengan Point : 1 Hari 1500 Point
3.Helm Reiforced ++ Seharga 6600 Point 1 Minggu
4.Map nya Banyak .. Dan Ada Mode Game Menarik
- Killer Machine : Sama Seperti AI mode .. Tapi Mereka Memakai Pisau , Dan Lompatan + Lari nya Melebihi Characther Biasa
- Sniper Mode : yah Pake Sniper Semua nya



Berikut Client PB Thailand..

Part 1
Part 2

Part 3
Part 4
Part 5
Part 6
Part 7
Part 8
Part 9
Part 10
Part 11
Part 12


Setelah Di Download .. Extrac File Tsb Menjadi .exe , Lalu Di Install. Letakkan Hasil File Tsb Di C:\Program Files\HitsPlay\PointBlank ( Jangan Di Ubah )

Dan Jangan Lupa Download ActiveX Control nya :
Download Here
Di Paling Bawah Kotak Kuning !

Setelah Di Install .. Lalu Daftar Di : http://www.hitsplay.com/Register/registernewstep1.aspx?temp=2

Pertama Kalau Mw buka Launcher Nya Harus Pake Internet Exploler TIDAK MOZZILA FIREFOX .. DAN JANGAN LUPA DOWNLOAD ACTIVEX CONTROL NYA .. KALAU GA DI INSTALL ITU GA BAKALAN BISA MAIN NYA !

Terus Kalau Sudah Download INSTALL game PB nya Jangan Di Ganti ... Biasanya dia Bkin di C:\Program Files\HitsPlay\PointBlank

Ini Step nya :
1.Login Id Password
2.Kalau Sudah Klik Kotak Merah Di Atas Login ID Pass Tadi..
3.Nanti Dia Connect To Server ( Kalau Belum Punya Launcher nya Dia Akan Makan Waktu Cukup Lama )
4.Tinggal di Update
5.Main

Dan Jangan Lupa Share Nick Kamu .. Nanti Kita Buat Clan Khusus Indo ... ( Gw Juga Cari Cara JEBOLIN GameGuard nya .. ) Biar Clan War Nya Enak ...

Oh iya..

Sewaktu Daftar ID Point Blank Thailand Nya ... Centang Pada Pilihan Gender

Pilih Female , Nah .. Nanti Tinggal Nunggu Hoki2an Pas Bikin Nick PB kamu .. Mudah2an Dapet char cewe .. Kalo ga Ulang lagi .. sampai dapet ... INGAT ! kalo sudah dapet Char Cewe nya .. Jangan Di Click2 Lagi char Cowok nya ... entar Terganti :P

WAJIB DICOBA!!!





Sunday, November 06, 2011

Resep Martabak Telor

Resep Martabak Telor




.

11.10.11









Resep Martabak Telor



Bahan untuk Kulit Martabak :
  • 100 gram tepung terigu

  • air matang secukupnya

  • 2 sendok makan telur yng sudah dikocok (diambil dari telur untuk adonan isi)

  • 1 sendok makan minyak/margarine cair

  • garam secukupnya

Bahan untuk Isi Martabak :
  • 300 gram daging giling


  • 1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling

  • 4 batang daun bawang iris

  • 6 sendok makan bawang bombay iris

  • 4 bawang putih, di haluskan

  • 1 sendok teh curry powder

  • 6 butir telur

  • merica dan garam secukupnya.

Saus untuk Martabak :
  • 2 sendok makan kecap asin


  • 1 sendok teh air asam jawa

  • garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)

  • 1 sendok makan saus tomat

  • 1 sendok makan sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)

  • irisan ketimun

  • 2 sendok makan air matang

  • Campurkan semua menjadi satu

Cara untuk Membuat Kulit Martabak :
  • Tepung terigu campur dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.


  • Adonan bagi menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.

  • Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain serbet

Cara untuk Membuat Isi Martabak :
  • Tumis bawang bombay atau bawang putih, sampai harum, setelah itu masukkan daging giling, curry powder, merica, dan bahan irisan dari satu batang daun bawang dan garam.

  • Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.

  • Kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sendok makan, untuk campuran bikin adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan., bagi menjadi 2 bagian.

Pembuatan :
  • Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan cara digilas-gilas ).

  • Kocok sebutir telur, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.

  • Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.


 Selamat Mencoba......

Istiqamah seorang bintang

Oleh Fathuddin Ja'far, MA



Ketika ayat-ayat Alquran sudah melekat kuat dalam hati seseorang, tidak seorang pun yang dapat mengubah keyakinan tersebut. Walaupun hal itu harus mengorbankan karir, ketenaran, dan sebagainya.


Untuk menjadi bintang top dunia, khususnya di bidang olah raga, seseorang yang sudah mendapat hidayah Allah swt. tidak harus melepas jati diri sebagai Muslim taat. Bila iman sudah menancap ke dalam lubuk hati seorang Muslim, uang, harta, ketenaran dan berbagai tawaran dunia yang menggiurkan tidaklah sebanding nilainya dengan jati diri sebagai Muslim taat.


Paling tidak, inilah yang dirasakan oleh beberapa bintang top Muslim di dunia olah raga :




1. Sari Al-Shoq, pemain team basket wanita Swis kenamaan berumur 19 tahun yang berasal dari Irak ini, lebih memilih hengkang dari dunia basket yang sangat ia cintai ketimbang melepas kerudungnya. Salut mbak Sari!



2. Marwan Al-Shemakh. Penyerang team sepak bola Bordure Perancis asal Maroko ini terkenal dengan akhlaknya yang mulia. Dia menolak terbang ke Palestina di mana Yahudi mendirikan Negara Israel di sana untuk berlaga dengan team sepak bola Mukaby Heifa dalam putaran piala Eropa. Ia lebih memilih istirahat ketimbang bermain satu lapangan dengan musuh Allah, Rasul-Nya dan kaum Muslimin. Ini adalah sikap mulia yang perlu dicontoh oleh para pemimpin dan tokoh umat Islam hari ini. Baro’ (berlepas diri) dari musuh-mush Allah itu bagian dari akidah Islam pak... Mungkin begitu yang tersirat dalam hatinya..



3. Amir Khan memenangkan pertarungan melawan rasis. Hatinya sangat terluka saat mendengar teriakan berbau rasisme yang dilontarkan para penonton saat dia bertanding di atas ring karena ia berkulit coklat dan beragama Islam. Sebagai seorang petinju Muslim, teriakan jahiliyah itu tidak lantas ia balas dengan jahiliyah pula. Namun ia buktikan dengan professionalisme di atas ring. Iapun berhasil mengalahkan dan mengkanfaskan lawannya seorang Yahudi ultra rasialis asal Amerika, Dmitry Salita. Terhinalah seorang Yahudi di hadapan ribuan pendukungnya sendiri. Lalu, Amir Khanpun berhak menyandang gelar juara tinju dunia 2009.



4. Para pemain Muslim di club Cartel Bebel menolak bertanding dengan team Paris Foot Gay yang semua pemainnya adalah para gay. Mereka siap dideportasi dari Prancis. Bahkan mereka menulis surat protes sambil menjelaskan bahwa akidah dan keyakinan mereka lebih penting dari pertandingan sepak bola. Mampukah para pemain Muslim di negeri ini bersikap seperti itu?



5. Lain lagi dengan Kanuti. Sebagaimana kebiasaanya, ia tetap berpuasa kendati sedang bertanding sekalipun. Padahal fatwa boleh berbuka di bulan puasa bagi Muslim yang profesi mereka olahraga dan digantikan pada bulan yang lain saat mereka istirahat. Namun, Fredrik Omar Kanuti ini tetap saja berpuasa di bulan Ramadhan tahun lalu. Saat di tanya kenapa, dengan enteng ia menjawabanya : Puasa memberi saya kekuatan lahir dan batin. Sebagai seorang penyerang di salah satu grup sepak bola Spanyol ternama, tentulah ia berlimpah uang karena bayaran yang sangat mahal. Namun, jati diri sebagai Muslim tidak pernah ia tinggalkan, seperti berpuasa Ramadhan, berdoa’a sebelum bermain dan ucapan syukur setelah mencetak goal, berzikir sedang bermain, shalat di awal waktu di manapun ia berada dan sebagainya.



Selamat berjuang wahai pahlawan Islam. Semoga kalian menjadi teladan para pemimpin dunia Islam dan generasi mudanya....

Wednesday, November 02, 2011

tips: setting-billing-hotspot-router-ddwrt-linksys

setting billing hotspot router ddwrt linksys
Filed under: network















SETTING ROUTER BILLING DD-WRT


Konfigurasi dari router linksys wireless-G (802.11g) yang Firmware nya sudah di upgrade ke dd-wrt.v23wrt54g sehingga suppport di install menjadi router billing.




Berikut adalah settingan default router Linksys DD-WRT yg perlu diketahui untuk melakukan konfigurasi agar dapat terkoneksi ke server radius Channel-11.




IP LAN : 192.168.1.1

User : root


Password : admin


1. Login


Buka browser kesayangan anda (Firefox is recommended), kemudian ketik IP default router yaitu: 192.168.1.1 seperti terlihat pada gambar-1.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>login_1.jpg




Gambar-1


<supportLists]—>2. Setup


Untuk masuk ke menu setup klik “Setup” kemudian akan diminta untuk memasukan username dan password, masukan user dan password default seperti terlihat pada gambar-2.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>login_2.jpg



Gambar-2



3. Internet Setup


Settingan untuk IP Publik dilakukan pada menu “Internet Setup” pilih “Static IP” seperti telihat pada gambar-3.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>internet_setup.jpg



Gambar-3


<supportLists]—>4. Internet Setup – Setting IP Publik


Setelah pilihan IP Static dipilih, maka akan muncul kolom – kolom untuk memasukan IP Publik seperti terlihat pada gambar-4, kemudian isi IP Publik dengan benar sesuai dengan informasi yg diterima.




<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>internet_setup2.jpg


Gambar-4



<supportLists]—>5. Internet Setup – Optional Settings


Pada gambar-5 lakukan settingan pada option yg dilingkari garis merah sesuai dengan informasi yg diberikan oleh NOC, contoh :



<supportLists]—>- Router Name : hotspot

<supportLists]—>- Host Name : hotspot


<supportLists]—>- Domain Name : hotspot



Semua kolom harus diberi nama yang sama dan harus sesuai dengan informasi yg didapat dari NOC Cakralintas dan untuk penamaan tidak boleh ada spasi.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>


Gambar-5


<supportLists]—>6. Internet Setup – Disable DHCP



Untuk settingan DHCP Server pilih disable serta hilangkan semua pilihan – pilihan yang berhubungan dengan DHCP seperti pada gambar-6 pada lingkaran merah.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>


Gambar-6




Setelah semua settingan sudah diisi dengan benar jangan lupa simpan settingan yang sudah dilakukan dengan klik tombol “Save Setting”.



<supportLists]—>7. Administration – Management


Sekarang kita lanjutkan untuk melakukan settingan pada menu “Administration” seperti terlihat pada gambar-7 yaitu pada sub-menu “Management”, pada sub-menu ini hanya perlu dilakukan dua settingan saja, yaitu pada :



<supportLists]—>- Router Password untuk mengganti password default.


<supportLists]—>- Remote Access agar router dapat diremote.


Untuk pilihan – pilihan lain yang ada dibawahnya biarkan saja sesuai dengan default dan jangan melakukan perubahan apapun.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>



Gambar-7



Jangan lupa untuk selalu simpan settingan setelah kita selesai melakukan settingan pada tiap halaman dengan klik tombol “Save Settings” sebelum melanjutkan ke halaman berikutnya.



<supportLists]—>8. Administration – Hotspot


Pada submenu “Hotspot” merupakan settingan inti router yang harus diisi dengan benar agar router dapat berkomunikasi dengan server radius. Jadi pastikan untuk hati – hati dalam melakukan settingan pada submenu “Hotspot”.



Untuk langkah awal silahkan pilih “Enable” pada kolom “Chillispot” seperti terlihat pada gambar-8, kemudian akan muncul kolom – kolom untuk melakukan settingan lebih lanjut.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>


Gambar-8



Berikut adalah settingan – settingan Chillispot yang harus diisi :



<supportLists]—>- Primary dan Backup Radius Server IP/DNS : 203.84.150.7


<supportLists]—>- DNS IP : 203.84.136.2 area Jimbaran atau 203.84.140.4 area Denpasar


<supportLists]—>- Redirect URL : https://prepaid./cgi-bin/hotspotlogin.cgi/



<supportLists]—>- Shared Key : isi dengan key yg telah di setting sebelumnya


<supportLists]—>- DHCP Interface : LAN & WLAN



<supportLists]—>- Radius NAS ID : samakan dengan Router Name, Host Name atau Domain Name pada gambar-5


<supportLists]—>- UAM Secret : gunakan hurup dan angka biar ngga bisa di tembus


<supportLists]—>- UAM Any DNS : 0 (biarkan defaultnya)



<supportLists]—>- UAM Allowed : 192.168.0.0/16,203.84.136.2,203.84.140.4,203.84.150.7



Setelah semua kolom diisi dengan benar, cek sekali lagi untuk memastikan tidak ada kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi jika kita melakukan “Copy Paste” adalah sering adanya spasi pada bagian belakang ataupun depan, jadi periksa kembali kolom – kolom dan pastikan tidak ada spasi karena akan menyebabkan error, kemudian jangan lupa untuk simpan settingan dengan klik “Save Settings”.


<supportLists]—>9. Administration – Service


Setelah melakukan settingan pada sub menu “Chillispot” sekarang kita akan melakukan sedikit settingan pada sub menu “Service”, yaitu menghilangkan settingan DHCP Server dan DNSMasq seperti terlihat pada gambar-9.




<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>


Gambar-9



Hilangkan centangan pada DHCP Server serta pilih option “Disable” pada DNSMasq, lalu simpan settingan. Untuk option yang lain dibawahnya biarkan seperti defaultnya jangan melakukan perubahan apa – apa.




<supportLists]—>10. Wireless


Setelah semua settingan utama dilakukan sekarang kita dapat melakukan settingan pada bagian menu “Wireless – Basic Setting” seperti pada gambar-10.



<" alt="" border="0" />—[if —[endif]—>



Gambar-10



Pada bagian sub menu “Basic Settings” silahkan rubah pada bagian SSID sesuai dengan kebutuhan, yang perlu diperhatikan untuk penamaan SSID adalah jangan menggunakan “SPASI”, silahkan gunakan tanda – tanda “-“ (minus), “” (garis bawah) untuk menggantikan spasi,


contoh : “local-hotspot” atau “localhotspot”.




<supportLists]—>11. Security


Pada menu “Security” matikan fungsi “Firewall” seperti pada gambar-11 dengan memilih option “Disable”, fungsinya adalah agar router dapat diremote dan dimonitoring dari server.



<" alt="" border="0" />—[if !vml]—>


Gambar-11




Kemudian simpan settingan dengan klik tombol “Save Settings”.





GOOD LUCK


info : http://banes-pages.blogspot.com/2008/09/on-progress-stay-turn-here21.html 


Humanity|Respect|Try To Not Cry