Sunday, April 18, 2010

Monitor LCD Vs CRT

Menurut kawan-kawan bagaimana perbandingan antara monitor LCD vs CRT ? Silahkan posting disini perbandingan teknis, daya tahan, resolusi gambar, dan sebagainya dari kedua monitor tersebut.

Kalau menurut saya, sampai sekarang saya bertahan memakai CRT sampai LCD mampu menampilkan pixel yang lebih bagus dan gradasi warna yang tepat. Dan nampaknya, bahkan perusahaan sebesar Sony yang jago mengkalibrasi warna pada monitor, mengalah, karena tidak bisa mengukur dengan tepat gradasi warna hitam di LCD ( warna hitam di LCD cenderung bergradasi gelap gray), misteri yang tidak terpecahkan, dan sampai sekarang gradasi warna masih tetap dimenangkan monitor CRT. Udah gitu dead pixel di LCD sangat rentan terjadi, sehingga menyulitkan bagi penggemar editing gambar.


Kedua, meski hemat listrik karena tidak mengandalkan tripod penembak elektro yang butuh daya listrik besar, liquid ceramic LCD tidak mampu menembakkan cahaya secara merata. akibatnya harus dibayar dengan angle view kecil (beda kalo diliat di sudut yang berbeda), perpendaran cahaya juga berubah kalau dirubah jarak dan sudut pandang, detail viewnya menjadi aneh, akibatnya saya tidak bisa mengukur ketepatan grafis ketika menggunakan aplikasi GIMP untuk mengedit gambar.

Ketiga, untuk bermain game online, saya kadang berkunjung ke warnet teman yang memasang game online, saya masih merasa lebih refleks bermain FPS dengan monitor CRT dibanding LCD, karena ketajaman, dan pergerakan gambar masih lebih nyaman di CRT. Bagi beberapa orang hal ini tidak menjadi masalah, cuma kendala yang saya rasakan, penumpukan pixel yang jelek pada LCD, menyebabkan akurasi saat maen FPS jadi aneh.

From Milis tetangga

No comments: