Friday, March 04, 2011

Makanan yang Meningkatkan Konsentrasi Anda

Pernahkah Anda merasa mudah mengantuk sehingga tidak bisa berkonsentrasi di kantor atau sekolah? Jika iya, Anda mungkin memerlukan nutrisi sehat yang bisa meningkatkan konsentrasi. Makanan yang tinggi protein dan mengandung nutrisi tertentu dapat membantu Anda berkonsentrasi untuk waktu yang cukup lama. Makan pada saat yang tepat juga dapat membantu Anda tetap produktif.

Berikut nutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi:

Ubi jalar.
Makanan lain yang kaya karbohidrat dan antioksidan adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan lonjakan gula.

Bayam.
Kaya akan antioksidan, mineral dan zat besi, menjadikan bayam salah satu sayuran yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi. Anda bisa makan bayam di hampir setiap jam makan, misalnya mencampur bayam ke dalam omelet atau sandwich di pagi hari dan menjadikannya sayur bening pada waktu makan siang atau malam hari.

Roti gandum.
Produk gandum utuh seperti sereal, kerupuk gandum atau roti gandum merupakan sumber utama karbohidrat yang sehat dan juga dapat meningkatkan konsentrasi di pagi dan siang hari.

Telur.
Sarapan telur akan membuat Anda mengawali hari dengan baik. Kandungan kolin dan nutrisi lain yang terkandung di dalam telur dapat meningkatkan fungsi otak. Makan telur secara teratur juga dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Ikan tuna dan salmon.
Lemak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan memainkan peran penting dalam fungsi kognitif. Makan makanan tinggi omega-3 akan membuat Anda tetap fokus dan melindungi otak melawan penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

Kacang merah.
Vitamin B thiamin pada kacang merah dapat mengurangi gejala depresi, gangguan suasana hati dan juga mempertahankan fungsi kognitif yang prima. Tambahkan kacang merah sebagai salad di sore hari untuk memuat nutrisi dan serat di sore yang produktif.

No comments: