Wednesday, April 06, 2011

Menyembuhkan FLU TANPA OBAT

Penyakit flu disebabkan virus jinak. Sebagaimana virus jinak pada umumnya, flu dapat sembuh sendiri tanpa obat bila kondisi badan kita baik. Obat flu yang kerap kita gunakan untuk mengatasi flu sebenarnya hanya meringankan gejalanya.saja.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam rangka menyembuhkan flu tanpa obat, yaitu dengan cara mempertinggi daya tahan tubuh dan meringankan atau menghilangkan gejalanya. Cara-caranya tersebut yaitu:

1. Memperbaiki atau meningkatkan konsumsi gizi makanan pada umumnya, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air putih. Bahan-bahan inii akan memperkuat daya tahan tubuh.

2. Menjauhi gaya hidup yang semrawut.
Sikap amburadul ini membuat kita terjebak dalam ketegangan psikhis (pikiran atau mental) yang sering menimbulkan stres. Sedangkan stres yang tak terkendali memberi peluang masuknya virus influenza ke dalam tubuh.

3. Mengendalikan kegiatan seksual
Orgasme dan ejakulasi yang tinggi frekuensinya bisa menurunkan stamina dan vitalitas tubuh.

4. Usahakan tinggal di rumah atau tidak melakukan kegiatan yang berat.
Tinggal di rumah, tentu diikuti dengan tidur yang cukup. Tubuh diberi waktu untuk memperoleh tenaga baru dalam memerangi flu.

5. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C
Vitamin C sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mempunyai sifat antiinfeksi. Selain itu hindarai minuman yang dingin atau es.

6. Minumlah air putih sebanyak mungkin
Untuk orang dewasa dapat minum 10 gelas sehari. Air sari buah juga baik bagi penderita di samping mencukupi kebutuhan cairan.

7. Bila pilek berawal dengan sakit kepala, hidung akan mengeluarkan cairan
Hal ini mesti kita tanggulangi agar tidak segera terjadi demam. Perawatan yang baik adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat, sehari dua kali, pagi dan sore. Hal ini akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

8. Hiruplah uap air panas yang akan menolong melonggarkan dan mengencerkan ingus sehingga dapat membuka saluran hidung yang tersumbat, tanpa menggunakan obat.

Bila langkah-langkah di atas sudah kita lakukan namun flu tak kunjung sembuh, besar kemungkinan terjadi radang yang kronis yang memerlukan antibiotika. Atau bahkan terjadi komplikasi yang hanya mungkin ditangani dokter.

sumber: Menyembuhkan FLU TANPA OBAT http://id.shvoong.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/2143038-menyembuhkan-flu-tanpa-obat/#ixzz1Ik9SpK4h

1 comment:

Kiki said...

layak dicoba neh, kebetulan lgi kena flu.. makasih tipsnya..