Sunday, June 26, 2011

PERMAINAN ANAK USIA 2-12 TAHUN

PENGANTAR
Pada masa ini, dunia sekitar menjadi lebih luas. Rasa ingin tahu anak pada masa usia ini sangat menonjol. Mereka banyak bertanya, berceloteh, menirukan ucapan orang dewasa dan menjelajahi dunia sekitarnya. Dibandingkan anak-anak yang lebih tua, pada masa ini anak masih belum mempunyai rasa malu atau keraguan untuk menjadi diri mereka sendiri. Masa ini adalah sangat penting dalam pembentukan kecerdasan anak. Masa ini adalah masa pra-operasional yang merupakan persiapan bagi masa-masa selanjutnya dimana anak akan bisa mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih abstrak. Pada masa pra operasional ini, pemikiran anak masih terikat pada here and now (yang ada di sini dan saat ini ). Dengan kata lain, anak masih befikir dalam kerangkayang kongkret. Bagi anak usia ini, konsep tempat dan waktu yang abstrak masih agak sulit untuk dipahami. Orang tua perlu menyadari tahapan perkembangan anak ini agar bisa menjadi lebih sabar dalam mengasuh dan mendidik anak. Walaupun tidak harus, banyak anak mulai masuk sekolah atau kelompok bermain pada usia 3 tahun. Pada usia sekitar 4 dan 5. Usia 2-12 tahun tahun, anak mulai menikmati lingkungannya di taman kanak-kanak/ TK. Dengan teman-teman di sekolah, anak belajar untuk berbagi.

SESUAIKAN PERMAINAN DENGAN USIA ANAK ANDA

DENGARKAN BERBAGAI BUNYIAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Disekitar kita, ada banyak sekali bunyi dan getaran yang bisa kita rasakan dan alami jika saja kita mau berhenti sejenak dan memperhatikannya. Mengajak anak untuk memperhatikan dan mengamati hal ini akan membantu dia mengasah kepekaan terhadap berbagai bunyi-bunyian dan getarnnya yang merupakan komponen-komponen musik,
Kegiatan
- Ajak anak untuk duduk diam sejenak
- Minta dia menutup mata dan mendengarkan bunyi dan merasakan getaran di sekitarnya. Misalnya, getaran truk atau bus yang lewat, detak jam di dinding, bunyi adzan, bunyi bel sepeda, burung-burung, gemericik air, dll

NYANYIAN DAN TEPUK

HASIL RISET MENGATAKAN
Agar otak anak kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,serta jiwanya merasa tentram, anak perlu disayangi, digendong, diajak bicara, dibacakan cerita, dan diperbolehkan untuk menjajaki.
Dengan permainan ini akan membantu mengembangkan perasaan anak mengenali sajak dan keterampilan mendengarkan.
Kegiatan
- Lantunkan lagu favorit kepada anak Anda yang baru belajar berjalan dan sekaligus tepuk perutnya, colek pipinya, atau gosok punggungnya dengan telunjuk Anda seirama dengan sajak lagu
- Selalu akhiri lagu dengan ciuman yang erat
- Cobalah nyanyi- tepuk ketika sedang anak Anda berjalan. Bermain, atau pada saat memandikan. Pastilah dia akan senang.

MELOMPAT-LOMPAT

HASIL RISET MENGATAKAN
Interaksi positif dengan orang dewasa yang menyayangi ,akan merangsang otaknya, sebab akan menyebabkan sinanpsis tumbuh dan memperkuat hubungan yang sudah ada.
Kegiatan
- Letakkan anak Anda dipangkuan Anda. Pegang dia erat-erat dibawah lengannya.
- Ucapkan kalimat di bawah ini sambil mengangkat anak Anda seperti seolah-olah dia melompat ;
- Lompat, lompat, marilah kita melompat. Naik dan turun, kemana-mana. Lompat-lompat marilah kita melompat. Uups jangan sampai jatuh.
- Ucapkan pantun di atas lagi dan miringkan ke sisi yang lain.
- Ulangi pantun pada kata "uups" buka lutut Anda sambil memegang anak Anda dipinggangnya dan biarkan anak jatuh ke belakang.

PERMAINAN BAHASA

HASIL RISET MENGATAKAN
Mengekspresikan emosi yang menyenangkan dengan anak Anda yang baru belajar berjalan adalah baik untuk perkembangan otak. Diketahui bahwasannya nada dan ekspresi wajah diphami sebelum kata-kata. Belajar emotional amat terkait dengan semua bidang belajar.
Caranya ;
- Kembangkan keterampilan berbahasa anak, ketika Anda menyiapkan makanan atau kudapan dengan nyanyian.
- Berjalanlah ke lemari es, meja masak Anda/meja makan, sambil menyebutkan semua bahan makanan ataupun peralatan makan, dan jelaskan padanya dengan menggunakan nyanyian.

CILUK BA

HASIL RISET MENGATAKAN
Ciluk ba bukan hanya menyenangkan bagi anak Anda yang baru belajar berjalan, namun permaianan ini juga amat penting untuk pertumbuhan otak. Dengan setiap permaianan ciluk ba, ribuan hubungan di antara sel-sel otak terbentuk atau diperkuat, menambahkan sedikit definisi dan kompleksitas pada kumpulan sirkuit rumit yang sebagian besar akan tetap ada ditempat selama hidup anak Anda.
Kegiatan
Anda dapat bermain ciluk ba dengan ;
- menutupi mata Anda dengan tangan
- meletakkan handuk diwajah Anda
- bersembunyi di belakang pintu atau tembok atau perabot yang cukup besar dan memunculkan diri
- meletekkan tangan anak Anda di depan matanya dan kemudian membukanya
- meletakkan boneka atau mainan di bawah penutup dan kemudian menarik penutupnya
- menggambar wajah di ibu jari Anda dengan spidol dan menyembunyikan ibu jari di bawah jari-jari yang lain.

BERMAIN CINTA KASIH

HASIL RISET MENGATAKAN
Dengan menumbukan cinta kasih kepada anak, maka akan dapat membentuk jiwa anak menjadi anak yang lembut, penuh perhatian dan kasih sayang. Disamping Juga mengajarkan anak untuk memelihara dan menjaga hubungan soisal antar sesama/orang lain.
Kegiatan
- Duduklah dilantai dengan anak Anda yang baru belajar berjalan dan letakkan dua buah boneka favoritnya atau boneka binatang dilantai.
- Ambil salah satunya dan peluk di lengan Anda dengan erat. Dan ciumlah sesekali sambil mengucapkan kata-kata sayang seperti ; Bermain denganmu sungguh menyenangkan, aku sayang padamu dek, aku suka memelukmu.
- Lakukan juga pada anak Anda untuk memeluk dan menyayangi satu persatu bonekanya.
- Praktekkan juga agar Anda memeluk dan menyayangi anak anda sebagai ungkapan kasih sayang Anda padanya.
- Kemudian suruhlah dia untuk menyayangi Anda, dan biasakanlah setiap waktu. Praktekkan juga agar anak menyayangi ayahnya, kakak, ataupun sudara, dan kakek neneknya.

MEMBACA PERMAINAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Membacakan atau menuturkan cerita kepada Anak Anda akan membantu menumbuhkan otaknya dan mendorongnya untuk mengasosiasikan buku dengan apa yang paling disenanginya-suara Anda dan kedekatan.
Kegiatan
- Dorong anak Anda yang baru belajar berjalan untuk bermain dengan menyentuh dan merasakan buku dan buku yang terbuat dari karton yang kuat.
- Tunjuk gambar dalam buku dan nama berbagai benda
- Ubah-ubah nada suara Anda, tunjukkan wajah jenaka atau lakukan efek khusus yang lain ketika Anda membaca, untuk merangsang minat Anda.
- Sering-seringlah mengajak anak Anda membaca untuk memperkaya perbendaharaan katanya dan memperkuat daya imajinasinya.

MERANGKAK MENDEKATI MAINAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Mineral dalam badan adalah bahan baku yang penting untuk membangun hubungan dalam otak. Salah satu alasan mengapa anak belajar merangkak dan berjalan lebih awal ketimbang yang lain adalah mereka menghasilkan mineral lebih awal dalam perkembangan mereka.
Kegiatan
- Letakkan sebuah mainan favorit diujung ruangan
- Turunkan badan Anda dan merangkaklah ke arah mainan. Ketika Anda telah mencapai mainan, ambil mainan itu dan seolah-olah bahwa mainan itu berkata , kemarilah, dapatkah kau ke mari mendapatkan aku.
- Dorong anak Anda untuk merangkak ke arah mainan.
- Bila anak Anda sudah siap untuk berjalan, letakkan mainan ditempat yang lebih tinggi sehingga dia akan mencoba menarik dirinya sendiri untuk menjangkaunya.

PERMAINAN MENDORONG

HASIL RISET MENGATAKAN
Bila sel-sel saraf dalam otak yang sudah terhubungkan dengan penglihatan dan keterampilan bergerak tidak dilatih di usia muda, maka setelah dewasa mereka akan menjadi tidak cukup luwes untuk dihubungkan ulang bagi banyak pengalaman..
Permaianan mendorong membuat seorang anak muda merasa kuat dan mengendalikan. Permanian ini merupakan cara yang amat hebat untuk mengembangkan rasa percaya diri dan koordinasi anak Anda yang bar u belajar berjalan.
Kegiatan
- Pilih beberapa benda untuk didorong anak Anda. Pilih benda yang amat ringan seperti boneka binatang, mainan kecil, atau mainan yang memang untuk didorong.
- Katakan satu, dua, tiga, dorong, dan kemudian dorong salah satu mainan.
- Ulangi menghitung dan bujuk anak Anda untuk mendorong.

MENYANYI

HASIL RISET MENGATAKAN
Semakin awal seorang anak diperkenalkan pada nada-nada, maka jiwanya akan semakin halus dan juga daya imajinasinya.
Kembangkan kemampuan dan kepekaan musical anak Anda dengan bernyanyi bersamanya.
Kegiatan
- Ajaklah anak Anda bernyanyi sambil bertepuk tangan atau berjalan-jalan, dengan beberapa lagu seperti ;
Naik kereta api. Lihat kebunku, potong bebek angsa, burung kakak tua, naik kereta api, naik becak
- Nyanyikan lagu-lagu tersebut dengan beberapa peragaan dan tepuk tangan. Lakukanlah gerakannya lebih dahulu dan kemudian biarkan anak Anda melakukannya
- Nikmati bernyanyi bersama anak Anda sepanjang hari, pada waktu yang cocok.

BERMAIN DENGAN TEKSTUR

HASIL RISET MENGATAKAN
Anak-anak yang dibesarkan dilingkungan yang banyak menggunakan bahasa hampir selalu sudah fasih berbicara saat berusia tiga tahun. Sementara itu orang yang dijauh kan dari penggunaan bahasa ketika masih kanak-kanak harus berjuang keras untuk dapat menguasainya. Tidak peduli betapa cerdas mereka atau seberapa intensif mereka dilatih.
Dengan permainan ini akan mengembangkan kesadaran akan sentuhan dan keterampilan didalam berbahasa.
Kegiatan
- Kumpulkan beberapa benda dengan tekstur menarik bagi anak anda yang baru belajar berjalan, seperti sesuatu yang keras (balok) dan sesuatu yang lunak (mainan yang dapat dipencet, gabus, dll).
- Letakkan tangannya di benda keras yang Anda pilih dan sebutkan namnya dengan kata keras dibelakangnya. Misalnya,balok keras. Sekarang letakkan tangannya dibenda lain yang keras dan sebutkan lagi namanya, misalnya; Meja keras.
- Lakukanlah hal ini beberapa kali dan kemudian perkenalkan benda yang lunak, seperti bantal lunak, mainan lunak, gabus lunak, atau karpet lunak.
- Pada saat Anda mengataka kata keras gunakan bunyi suara keras, dan ketika Anda menyebutkan kata lunak gunakan suara yang lembut.

MENGGULIRKAN DENGAN GEMBIRA

HASIL RISET MENGATAKAN
Bagi anak-anak setiap gerakan baru harus diulang berkali-kali untuk memperkuat sirkuit saraf yang menjulur dari daerah untuk berfikir di otak ke kulit otak motoris dan keluar ke saraf yang menghubungkan ke otot.
Dengan permainan ini Anda dapat mengembangkan keterampilan gerakan anak Anda dengan menggulirkan bola kepadanya, dan juga menganjurkannya untuk dapat membalasnya.
Kegiatan
- Duduk dilantai dengan anak Anda. Panggil namya sehingga dia akan menengok ke arah Anda, kemudia gulirkan kepadanya.
- Dorong dia untuk menggulirkan bola itu kembali kepada Anda
- Ketika Anda menggulirkan bola, ucapkan kata-kata ,Ibu menggulirkan bola kepada….(nama anak)
- Ketika dia menggulirkan bola kembali kepada Anda ucapkan,(nama anak) menggulirkan bola kepada ayah/ibu.
- Ucapkan kata-kata tersebut ika anak hanya benar-benar menggulirkan bola.

BALOK MENYENANGKAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Keterampilan gerakan kecil dan besar berkembang sendiri-sendiri, walaupun perkembangan itu memerlukan fondasi fisik yang sama. Bila seorang anak banyak berusaha belajar keterampilan gerakan besar dalam seminggu, dia tidak akan memperoleh banyak hasil pada keterampilan gerakan kecil pada waktu yang sama.
Dan pemainan menyusun balok ini akan membantu mengembangkan keterampilan gerakan kecil.
Kegiatan
- Anda dapat melakukan permainan ini menggunakan balok mainan yang dibeli di toko tetapi lebih menyenangkan kalau membuat sendiri.
- Buat balok yang dapat dibuat dari kerdus susu. Lekatkan kedua ujunnnya menjadi satu dan tutupi kardus itu dengan kertas yang bagian belakngnya berperekat.
- Ajarkan anak Anda yang baru berjalan untuk menghiasi balok-balok itu menggunakan krayon atau gambar tempel
- Lakukan permainan menyusun balok, puji dia setiap kali dia berhasil menyusun sebuah balok di atas yang lain.
- Kadang-ladang anak kita lebih suka merobohkan tumpukan balok.

WAKTU BERCERITA

HASIL RISET MENGATAKAN
Membacakan buku dengan suara yang terdengar kepada anak-anak akan merangsang imajinasi mereka dan memperluas pengetahuan mereka akan dunia dan ilmu pengetahuan.
Kegiatan ini juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan berbahasa dan mendengarkan serta menyiapkan mereka untuk memahami dunia tulisan.
Kegiatan
- Ajaklah anak Anda untuk melihat album foto atau buku yang banyak gambar anak-anak. Sebab anak-anak menyukai gambar anak-anak yang seusia dengan mereka melakukan seperti sedang bermain, berlali, makan atau tidur.
- Buku-buku yang berisi kata-kata halo dan sampai jumpa adalah disukai oleh anak-anak di usia ini
- Untuk meningkatkan minat anak Anda pada buku, gantilah nama dalam buky dengan nama salah seorang anak Anda
- Anda dapat membacakan buku kepada anak Anda di mana saja , seperti di tempat tidur, di taman, ataupun pada saat santai dia bermain.

PERMAINAN MEMELUK

HASIL RISET MENGATAKAN
Anak-anak sangat mudah mencintai orangtuanya. Ahli psikologi menyebutnya sebagai ikatan batin yang sangat kuat.
Kegiatan
- Bila anak Anda mengeluyur ke tempat yang tidak boleh dikunjunginya, gendong dia dan peluk dia sambil menjelaskan, ‘ Kamu tidak boleh kesana karena berbahaya”
- Dia akan memahami dari nada suara Anda bahwa apa yang dilakukannya adalah larangan.
- Dengan cara Anda menggendongya saat Anda mengucapkan kata-kata tersebut, dia juga akan memahami bahwa Anda peduli dan ingin melindunginya.

PERGI KETAMAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Dengan mengajak anak pergi ke taman, berarti Anda membantunya mengenal alam dan lingkungan,. Dan secra otomatis akan membantu otak anak Anda untuk tumbuh baik secara emosional maupun secara intelektual.
Kegiatan
- Ajaklah anak Anda untu pergi ke taman, kenalkanlah berbagai benda disekitarnya sambil mengajarkannya, seperti batu, bunga, ikan, rumput, matahari, pelangi, dll.
- Buatlah pertanyaan-pertanyaan sebab akibat yang merangsang kekritisan dan kecerdasannya tentang yang ada disekitarnya.
- Tanggapilah apa saja yang dikatakan dan ditanyakan anak Anda, denga hal seperti ini akan mendorong untuk berbicara dan belajar lebih banyak.

MENGACA ATAU MELIHAT DIRI SENDIRI

HASIL RISET MENGATAKAN
Pengalaman panca indera dan interaksi sosial dengan dukungan orang dewasa akan membantu anak Anda untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya.
Kegiatan
- Lihatlah ke dalam cermin bersama dengan anak Anda dan biarkan dia mengamati wajahnya saat dia melakukan berbagai hal berbeda.
- Saat dia mengamti dirinya sendiri dalam cermin, mintalah kepadanya untuk melaukan berbagai hal berikut ini;
- Tersenyum
- Menjulurkan lidahnya dan mengamati
- Membuka dan menutup mulutnya
- Melihat giginya, dsb
- Berikan makanan kepadanya dan biarkan dia mengamti dirinya sendiri sambil mengunyah.

MENGENAL BERBAGAI SUARA

HASIL RISET MENGATAKAN
Memaparkan pada berbagai rangsangan musical, akan mengembangkan keterampilan mendengarkan di tahun-tahun awal usia anak Anda adalah penting untuk pertumbuhan mental anak.
Kegiatan
- Pikirkan mengenai mainan yang senang dipakai anak anda untuk bermain dan juga dorong dia untuk membuat suara yang dapat dikeluarkan oleh mainan tersebut, semisal ;kereta api, mobil, boneka binatang, boneka manusia,, balok, dll.

BELAJAR BAHASA

HASIL RISET MENGATAKAN
Anak-anak belajar bahasa dengan mendengarkan kata yang diucapkan berulang-ulang itulah sebabnya semakin awal Anda mulai mengajaknya berbicara kepada anak, maka akan semakin baik dan lebih mudah mencerdaskannya.
Kegiatan
- Potong gambar benda yang sudah dikenal seperti binatang, bayi, dan makanan dari majalah
- Lihat-lihat gambar ini dengan anak Anda dan berbicaralah mengenai setiap gambar
- Misalnya tunjuk pada gambar seekor sapi dan katakana, ‘Sapi ini dipeternakan. “Muuh, muuh,” kata sapi
- Selanjutnya tanyakan kepada anak Anda apa yang dikatakan sapi. Bila tidak memberi tanggapan, ulangi kata-kata itu lagi.
- Tunjuk pada gambar bayi dan katakana bayi dalam ayunan. Bayii ini berkata.’ Oek, oek”. Kemudian tanyakan kepada si anak , apa yang dikatakan si bayi.
- Bicarakan dan diskusilan setiap ada gambar yasng baru dilihat, dan ajari kata-kata baru.
- Biarkan anak Anda yang memilih gambar dan menceritakan k kepada Anda mengenai gambar itu atau buat cerita pendek,sederhana mengenai salah satu dari gtersebut.

MENYUSUN BALOK ATAS DAN BAWAH

HASIL RISET MENGATAKAN
Dengan mengajarkan konsep penyusunan balok atas dan bawah akan dapat memelihara hubungan yang mengembangkan kapasitas otak, dan juga keterampilan gerakan kecil.
Kegiatan
- Ajak anak Anda duduk dilantai ,kemudian ambil tiga atau empat balok dan buatlah seperti menara
- Ambil sebuah mainan dan letakkan di atas balok itu dan katakana, Mainan ini ada di atas.
- Jatuhkan mainan itu dari menara dan katakana, Mainan ini ada di bawah.
- Ulangi permainan ini, biarkan anak Anda memindahkan mainan dari atas ke bawah.

MENEMUKAN MAINAN

HASIL RISET MENGATAKAN
Sejak bayi lahir, masing-masing dan setiap pengalaman anak akan membantu pembentukan hubungan saraf yang menjadi pedoman perkembangan
Kegiatan
- Ambil sebuah boneka binatang favorit
- Sembunyikan boneka itu sewaktu anak Anda mengawasi
- Ucapkan kata-kata berikut ini ;
o Dimana bonekanya ?
o Dimana dia bersembunyi ?
o Mari kita cari dia secepat , satu, dua, dan tiga.
- Berjalanlah ke tempat boneka itu disembunyikan dan keluarkan dia.Dan katakana, Ha, bonekanya disini, hore.
- Lanjutkanlah permainan ini dengan menyembunyikan mainan yang lain.
- Kemudian sekarang giliran anak Anda untuk menyembunyikan sebuah mainan.

KUCING DAN TIKUS

HASIL RISET MENGATAKAN
Kalau anak-anak mempunyai lingkungan yang memelihara di awal hidupnya, biasanya mereka akan memiliki niali IQ yang lebih tinggi dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan sekolah.
Kegiatan
- Katakan kepada anak Anda, bahwa Anda adalah seorang tikus kecil, dan bahwa dia adalah seekor kucing yang akan mengejar Anda.
- Katkan kepadanya bahwa tikus menfgeluarkan bunti, cit-cit, dan kucing mengeluarkan bunyi meong-meong.
- Duduklah dilantai dan katakana, Kamu tidak dapat menagkap akau !. Mulailah merangkakbdengan cepat dan dorong anak Anda untuk mengejar Anda.
- Merangkaklah ke belakang kursi, ke bawah meja, dan keruang lain.
- Ketika anak Anda sudah memahami peran ini, tukar perannya.

DENGARKAN SUARA

HASIL RISET MENGATAKAN
Paparkan anak Anda pada berbagai rangasangan panca indera ; warna musik, bahasa, alam, dan suara mekanis, sentuhan, bau dan rasa.
Untuk memastikann bahwa sebagai seorang dewadsa, dia akan mempunyai kekuatan otak yang paling fleksibel untuk belajar.
Kegiatan
- Bawa anak Anda untuk berjalan-jalan diluar rumah
- Mulai mendengarkan bunyi burung. Ketika Anda mendengarkan kicauan atau nyanyian burung, cobalah untuk menirukan suara itu dan katakana kepadanya bahwa Anda mengeluarkan suara burung-burungan.
- Bila Anda melanjutkan ini, dia akan menyadari suara dan akan berusaha untuk mencobanya.
- Tambahkan suara-suara baru, seperti angin yang bertiup, ayam, kucing, atau anjing yang menggonggong.
- Dengarkan suara-suara lain dilingkungan Anda, seperti suara mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan suara kereta api.

BELAJAR DENGAN BERMAIN

HASIL RISET MENGATAKAN
Hasil penilitian mengatakan bahwa pengalaman sosial dan emosional di usia muda merupakan bibit bagi kecerdasan manusia. Setiap sirkuit saraf anak meupakan jalan raya yang dibentuk dalam otak, dengan demikian proses belajar di masa depan akan berlangsung dengan mudah.
Permainan hebat ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berfikir anak Anda dan juga membantunya membayangkan hal-hal lain untuk dilakukan dengan benda yang sama, seperti menggunakan sebuah cangkir untuk minum dan juga untuk menuangkannya.
Kegiatan
- Pilih beberapa benda yang sudah dikenal oleh anak , seperti sikat rambut, sendok, cangkir aataupun sikat gigi.
- Letakkan semua benda itu dilantai
- Duduk didepan benda-benda tersebut
- Ambil sebuah benda, seperti sikat rmbut dan bernuat seolah-olah menyikat rambut.
- Ambil semua benda satu persatu dan peragakan fungsinya
- Mintalah anak untuk mengambil alih dari praktek benda-benda itu dan tunjukkan kepada Anda cara dia menggunakannya.

MENYANYIKAN NAMA

HASIL RISET MENGATAKAN
Semakin banyak kata yang didengar seorang anak, semakin cepat dia belajar bahasa. Suara dari kata-kata yang didengarnya akan menciptakan banyak sirkuit saraf secara keseluruhan yang penting untuk mengembangkan keterampilan berbahasa anak-anak.
Kegiatan
- Duduklah dilantai bersama anak Anda
- Sebutlah nama benda yang ada dalam ruangan yang sudah diketahui oleh anak dengan menyanyikan atau mengucapkan apa yang dilihatnya dirungan itu, ataupun apa yang dimainkannya.
Semisal,” Aku dapat melihat boneka beruang, aku melihat mobil-mobilan, aku melihat ikan badut”.
- Mintalah anak Anda juga untuk menyentuh apa yang dilihatnya itu.
- Lanjutkan menyebutkan nama benda lain dalam ruangan . Setiap kali Anda menyebut nama sebuah benda, nyanyikan atau ucapkan itu dalam kalimat lebih dahulu, kemudian mintalah anak Anda untuk menyentuh benda itu.

MENCARI WAJAH

HASIL RISET MENGATAKAN
Ketka Anda mengeksprsikan emosi berbeda, Anda akan merangsang otak. Emosi menyebabkan pelepasan senyawa kimia yang membantu otak mengingat perasaan berbeda dan peristiwa yang berkaitan dengan perasaan tersebut.
Kegiatan
Permainan ini akan membantu anak mengenali perasaan mereka
- Duduk dengan anak Anda dan cari gambar wajah dalam majalah, Koran atau buku.
- Taanyakan pada anak Anda mengenai ekspresi di wajah tersebut
- Cari gambar wajah seorang anak yang terlihat bahagia. Uraikan emosi di wajah gambar itu dan kemudian mintalah anak Anda untuk menunjukkan wajah bahagia.
- Teruskan mencari gambar wajah bahagia
- Dihari yang lain, carilah jenis ekspresi yang berbeda. Seperti ; bergairah, sedih, dan lucu atau semua yang merupakan wajah yang baik. Sebaiknya, carilah wajah ekspresi anak-anak agar mereka lebih menyukai.
- Carilah ekspresi yang cocol dengan perasaan anak Anda pada hari itu.

LIHATLAH DIRIMU SENDIRI

HASIL RISET MENGATAKAN
Hasil penelitian mengenai otak menunjukkan bahwa orangtua dan para pendidik mempunyai peluang emas untuk mengembangkan otak seorang anak.
Permaianan ini sangat luar biasa untuk membantu anak Anda berpikir mengenai bagian-bagian badannya sendiri yang berbeda dan juga dapat meningkatkan keterampilan untuk mengamati.
Kegiatan
- Katakan kepada anak Anda ,Kalau kamu mengenakan sepatu, melompatlah”.
- Bantu anak Ada dengan bertanya kepadanya,”Apakah kamu mengenakan sepatu ?Coba tunjukkan mana sepatumu?”
- Tunjuk sepatunya dan katakana kepadanya untuk melompat. Anda mungkin perlu menunjukkan cara melompat.
- Setiap kali Anda bertanya kepadanya mengenai dirinya sendiri, tunjukkan bagian dari badannya dan tunjukkan cara melakukan tindakannya.
- Di bawah ini beberapa ide lain
- Kalau kamu mengenakan kaos kaki berputarlah
- Kalau kamu mengenakan baju, tepuk tanganmu
- Kalau kamu mengenakan celanamu goyangkan kakimu.
- Setelah Anda memainkan permainan ini beberapa kali, Anda akan menyadari bahwa anak Anda mungkin mampu melakukan tindakan tersebut tanpa bantuan Anda.

GOYANGKAN JARIMU

HASIL RISET MENGATAKAN
Memori adalah hasil belajar yang tetap teringat. Ketika sedang belajar, sinapsis baru akan terbentuk dan sinapsis lama diperkuat.
Sementara itu pengalaman dan interaksi positif di usia muda akan sangat mempengaruhi perkembangan emosional seorang anak.
Kegiatan
- Lakukan permainan ini dengan boneka yang mempunyai tangan dan kaki
- Dduduklah dilantai bersama anak Anda dan tunjukkan kepadanya cara memegang lengan boneka dan mengerakkannya naik turun
- Berikan boneka itu kepada anak Anda agar dia mencobanya
- Buatkah permainan sekreatif mungkin dengan boneka itu bersama anak Anda, seperti ;
- melambaikan tangan
- bersalaman
- bertepuk tangan
- bertepuk kaki
- mencium
- berjalan
- bercerita/berbicara, dsb.
- Tanyakan juga permainan apa lagi yang bisa kita lakukan bersama-sama, dengan anak Anda.

BERBISIK

HASIL RISET MENGATAKAN
Setiapkali seorang anak dirangsang untuk berfikir, hubunghttp://www.blogger.com/img/blank.gifan saraf baru terbentuk atau hubungan yang sudah ada diperkuat. Semakin banyak hubungan saraf yang terbentuk atau diperkuat, semakin banyak hubungan saraf yang terbentuk atau diperkuat, semakin besar kecerdasan yang terbentuk.
Berbisik akan membantu anak untuk belajar mengatur suaranya, suatu bagian penting dari kesadaran akan suara. Keterampilan ini juga memerlukan banyak konsentrasi.
Kegiatan
- Bisikkan sesuatu kepada anak Anda , katakana, “Marilah kita bertepuk tangan”.
- Mintalah kepada anak kita tersebut untuk kembali membisikkan sesuatu kepada kita
- Teruskan untuk saling membisikkan seseutau sampai anak Anda mengetahui cara membuat suranya menjadi lembut, dan juga memhami apa yang disampaikan.

Sumber: Here

1 comment:

Tulang Lunak Gerobakan said...

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435H.
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~