Friday, August 20, 2010

Tips Membersihkan Monitor LCD

Banyak teman saya yang memiliki Laptop selalu mengeluh tentang LCD monitornya yang sering berdebu dan terdapat goresan. Ketika saya melihat cara mereka membersihkannya, saya melihat kebanyakan teman saya menggunakan cara yang salah dalam membersihkan monitor LCD-nya. Perlu diketahui, monitor LCD sangat berbeda dengan monitor CRT (monitor tabung biasa) sehingga cara membersihkannya juga berbeda dari cara membersihkan monitor CRT. Hal yang membuat LCD dan CRT sangat berbeda adalah LCD tidak dibuat dari kaca seperti CRT. LCD terbuat dari lapisan film yang mudah tergores, berdebu, dan kotor. Orang biasanya hanya membersihkan monitor LCD dengan air ledeng dan tisu/lap biasa seperti membersihkan kaca/monitor CRT. Akan tetapi, hal ini SALAH! Air ledeng biasanya mengandung Klorida yang bisa meninggalkan residu di layar LCD, sedangkan sembarang lap/tisu bisa menggores layar LCD yang sensitif.

Apa saja yang anda butuhkan? Untuk lebih amannya anda bisa menggunakan perangkat pembersih layar LCD (LCD Cleaner Kit) yang bisa dicari dengan mudah di toko peralatan komputer. Perangkat ini harganya bervariasi dari Rp 20.000 – Rp 150.000. Atau, jika anda cukup pelit :p, anda bisa menggunakan alat-alat beritkut:

1. Lap kacamata atau lap chamois yang halus atau lap dari bahan katun yang lembut
2. Cairan pembersih kacamata

Ingat, untuk lap yang digunakan, sangat disarankan lap yang khusus dan tidak digunakan untuk membersihkan barang lain. Sedangkan jika tidak punya pembersih kacamata, anda bisa menggunakan larutan campuran alkohol 70% dan air suling (atau air mineral) dengan perbandingan 1:2. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

1. Matikan Laptop/Layar LCD anda. Pastikan kabel dicabut dari stopkontak untuk memastikan tidak ada listrik yang mengalir.
2. Gunakan lap dari bahan berserat lembut seperti lap kacamata atau lap dari perangkat pembersih LCD yang kering, lalu sapukan dengan lembut ke layar LCD anda untuk membersihkan debu-debu kasar yang terlihat. INGAT, JANGAN DITEKAN!!! Jika anda memiliki kain microfiber, itu akan lebih baik.
3. Lalu, semprotkan cairan pembersih LCD ke kain lap khusus dari perangkat pembersih layar LCD anda. Atau, bisa juga anda me LCD!!!
4. Lap layar LCD anda dengan gerakan memutar. Lap dengan lembut dan jangan ditekan.
5. Biarkan layar LCD anda kering. Jangan tutup layar monitor anda sebelum kering, karena bisa menimbulkan embun.
6. Setelah benar-benar kering, anda bisa menghidupkan kembali layar LCD anda.

Agar layar LCD anda selalu bersih, pastikan anda membersihkannya secara berkala, sejarang-jarangnya satu minggu sekali.

Bagaimana, apakah artikel ini bermanfaat?

No comments: