Wednesday, May 30, 2012

Hebatnya ROman Abramovich

Mainan" Mewah Taipan Rusia, Abramovich




Dengan total kekayaan yang ditaksir mencapai US$12,1 miliar, atau Rp108,9 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS), salah satu orang terkaya dunia asal Rusia, Roman Abramovich, bisa membeli segalanya.

Pemilik klub sepakbola yang baru meraih tropi Liga Champions, Chelsea, ini memiliki sumber utama pemasok kekayaan lewat perusahaan investasi Millhouse LLC.

Abramovich yang terlahir sebagai anak yatim sejak kecil ini hanya mengenyam pendidikan di sekolah negeri dan masuk kategori sebagai siswa yang biasa-biasa saja.

Namun, dengan kekayaannya saat ini, Abramovich sudah bisa menikmati hampir semua kemewahan yang ditawarkan di muka bumi. Mulai dari istri cantik mantan model, hingga rumah mewah di berbagai belahan dunia dia miliki.

Berikut adalah "mainan-mainan mahal" yang dimiliki taipan Rusia itu seperti dikutip dari laman businessinsider:

1. Abramovich adalah salah satu pemilik klub sepakbola top Inggris, Chelsea.

2. Mantan teman yang berubah menjadi musuh, Boris Berezovsky, kini tengah bertarung dengan Abramovich di pengadilan untuk memperebutkan uang senilai US$6,5 miliar. Kedua pengusaha ini merupakan pemegang saham utama dari perusahaan minyak.

3. Abramovich memiliki sedikitnya 40 orang pengawal khusus. Untuk membayar mereka, taipan Rusia ini mengeluarkan dana sebesar US$2 juta per tahun.

4. Ketika memutuskan bercerai dengan istrinya, Irina, Abramovich harus merogoh uang sebesar US$300 juta sebagai kompensasi dari perceraian tersebut. Ini merupakan biaya perceraian termahal sepanjang masa.

5. Abramovich membuat dunia terkejut ketika mulai menggeluti dunia seni pada 2008. Dia menghabiskan tak kurang dari US$120 juta untuk membeli dua lukisan berjudul "The Francis Bacon" dan "Lucian Freud".

6. Masyarakat dunia sudah mengetahui bahwa Abramovich merupakan pemilik kapal pesiar terbesar di dunia. Dengan nama Eclipse, kapal bernilai US$1 miliar itu memiliki laser yang bisa mencegah aksi para paparazzi. Kamar tidur utama kapal itu pun dibuat anti peluru.

7. Tak seperti pengusaha yang memiliki pesawat jet sebagai sarana angkutan jarak jauh, Abramovich memilih untuk membeli pesawat jenis Boeing 767 untuk menunjang kegiatan perjalanannya. Padahal, pesawat itu memiliki kursi untuk penumpang sebanyak 375 seats.

8. Untuk kendaraan di darat, Abramovich memiliki dua sedan limousin Maybach 62. Tak seperti mobil mewah lain, sedan khusus ini dibuat tahan peluru dan dipersenjatai dengan sejumlah piranti keamanan. Total harga mobil hasil modifikasi ini mencapai US$1 juta per buah.

9. Untuk urusan rumah, Abramovich tak terlalu pusing. Dia telah membeli 9 ruang apartemen di London dan mengubahnya menjadi sebuah mansion. Usai renovasi, apartemen seluas 2.787 meter persegi itu diperkirakan menjadi rumah termahal di negara tersebut.

10. Di sektor properti, Abramovich memiliki sebuah ranch di pegunungan Aspen bernilai US$40 juta. Dia juga membangun sebuah arena skating khusus untuk menggelar pesta dengan tamu undangan khusus, Pussycat Dolls.

11. Di Prancis, Abramovich juga memiliki sebuah kastil bernama Chateau de la Croe. Dia menghabiskan lebih dari US$50 juta untuk merenovasi istana tersebut. Rumah ini cukup terkenal, karena pernah ditinggali Wallis Simpson dan Pangeran Edward usai mereka turun tahta.

12. Abramovich juga tak ragu menghabiskan uangnya hanya untuk menggelar sebuah pesta. Pada Januari lalu, dia menghabiskan US$8 juta untuk menggelar pesta di ST Bart. Hadir sebagai tamu dalam pesta itu yaitu Rupert Murdoch, Martha Stewart, George Lucas, dan Marc Jacob. Untuk menghibur para tamu, Abramovich mengundang band musik, Red Hot Chili Peppers.

13. Masih dari bisnis properti, Abramovich membeli sebuah gedung bekas pangkalan militer, New Holland Island di St Petersburg. Gedung yang direnovasi dengan dana US$400 juta ini digunakan sebagai tempat menyimpan koleksi seni Abramovich dan dibuka untuk publik. (art)
sumber: viva news 

No comments: