Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Wednesday, March 07, 2018

Cara Menanam Kangkung dan Gambarnya





Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.
Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi.juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung [lombok]]
Ada dua bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yang pertama adalah kangkung berdaun licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 10–15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kedua adalah dengan daun sempit memanjang, biasanya tersusun menyirip tiga.

Kelompok kultivar

Kangkung budidaya terbagi ke dalam empat kelompok kultivar. Kangkung sawah (Kelompok Lowland) adalah kelompok yang paling dikenal, tumbuh meliar di rawa-rawa dangkal dan persawahan yang terbengkalai. Ini yang secara tradisional dimakan orang. Kelompok berikutnya adalah kangkung darat atau Kelompok Alba, pernah dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir. tetapi nama ini sekarang dianggap tidak valid. Kangkung darat berdaun lebih sempit dan lebih adaptif pada lahan kering, sehingga dapat ditanam di tegalan atau bahkan kebun. Kelompok berikutnya adalah kangkung berdaun keunguan atau Kelompok Rubra. Kelompok ini daun dan bunganya memiliki semu warna merah atau ungu, berdaun agak lebar tetapi juga adaptif pada lahan kering. Kelompok terakhir adalah kangkung kering atau Kelompok Upland, dikenal dalam bahasa Kanton sebagai hon ngung choi.

Produksi

Ada dua jenis penanaman diusahakan: kering dan basah. Dalam keduanya, sejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Ia sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan di kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ia ditanam.
Jika penanaman basah digunakan, potongan sepanjang 12-inci ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Semasa kangkung tumbuh, kawasan basah ditenggelami pada tahap 6 inci dan aliran air perlahan digunakan. Aliran air ini kemudian dihentikan apabila tanah harus digemburkan. Panen dapat dilakukan 30 hari setelah penanaman. Apabila pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari.
Semasa berbunga, pucuk kangkung tumbuh dengan lambat, tetapi pembajakan tanah dan panen cenderung menggalakkan lebih banyak daun yang dihasilkan.

Kegunaan

Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Plecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah Lombok.
Kangkung merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis sayur-sayuran dengan nama latin (Ipomoea aquatica forsk) yang biasa dijual di pasaran guna dikonsumsi sebagai sayuran untuk makan, tanaman ini tersebar di berbagai negara akan tetapi di Amerika Kangkung merupakan tanaman ilegal. Karena dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa daun, bunga dan benihnya mengandung senyawa alkaloid ergoline yang sudah berabad-abad digunakan sebagai entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan). Benih kangkung ini mampu menghasilkan efek yang sama seperti LSD (lysergic acid diethylamide) jika diambil dengan skala yang banyak. LSD ini dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya.
1. Tanaman kangkung mempunyai dua jenis yaitu:
a. Kangkung Darat.
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Dinamakan kangkung darat karena memang hidupnya di darat atau tanah mungkin bisa ditanam di air, akan tetapi biasanya menggunakan metode hidroponik.
b. Kangkung Air.
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html


Masyarakat menyebutnya kangkung air karena memang hidupnya di air dan tidak bisa hidup di daratan. Di Indonesia kangkung merupakan sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat, bahkan menjadi menu wajib di berbagai restauran yang biasa kita kenal Cah kangkung.
Nah jika kamu salah satu penggemar kangkung sangat tepat dengan artikel ini karena di bawah akan menjelaskan bagaimana cara penanaman dan perawatannya, jangan khawatir karena tanaman ini cukup mudah dalam perawatan.
2. Cara Menanam Kangkung Darat
a. Pemilihan Bibit
Jika kamu ingin membuat bibit sendiri di bawah ini  hal yang perlu diketahui:
  • Biji/calon bibit harus tersertifikasi oleh instansi terkait jika dibeli dalam bentuk kemasan.
  • Biji/calon bibit bertekstur segar, kuat, dan tidak bolong atau bekas gigitan serangga.
  • Biji/calon bibit jika direndam akan tenggelam.
Jika kamu ingin membeli bibit di toko atau di tempat penjualan bibit ini  hal yang perlu kamu perhatikan:
  • Pastikan pertumbuhannya seragam tinggi antara pohon satu dengan lainnya tidak naik turun.
  • Mempunyai akar yang banyak.
  • Tahan terhadap iklim di sekitar.
  • Tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Batang dan daunnya kokoh.
b. Tahapan Penanaman
Kangkung darat mempunyai ciri-ciri:
  • Tumbuh di ditempat yang kering.
  • Daun runcing, panjang-panjang, lebih tipis, dan lunak.
  • Batang lebih kecil di banding kangkung air.
  • Warna bunga putih.
Cara penanaman:
c. Persiapan Lahan Tanah
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Langkah yang pertama yaitu menyiapkan lahan dengan cara mencangkul hingga tanah menjadi gembur sekaligus membuang sisa-sisa akar tanaman sebelumnya.
d. Pemberian Pupuk
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Setelah selesai pembuatan lahan, tahap selanjutnya yaitu pemupukan yang dilakukan sebelum penanaman bibit berikan pupuk organik seperti kotoran sapi, kambing atau yang lainnya. Kemudian pupuk disebar ke seluruh bagian tanah tunggu 3-5 hari agar pupuk bercampur dengan tanah.
e. Penanaman Bibit
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Waktu yang tepat untuk memulai penanaman yaitu pada saat musim hujan,  jika kamu melakukan penanaman pada musim kemarau penyiraman harus dilakukan setiap hari untuk menghindari kekeringan dan berujung tanaman mati.
Jarak antara tanaman 15 sd 20cm dalam satu lubang berisi 3 bibit maksimal 5 agar tanaman bisa lebih berkualitas.
f. Penyulaman
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Penyulaman yaitu mengganti tanaman yang mati dan terlihat kurang sempurna pertumbuhannya dengan bibit yang baru.
g. Perawatan
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Setelah semua proses di atas dilakukan tahap selanjutnya yaitu perawatan dengan memberi pupuk bisa  dilakukan setelah tanaman berusia 10 hari dan jangan lupa bersihkan juga rumput-rumput yang ada di sekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhannya.
h. Panen
http://www.sri-ya.com/2018/03/cara-menanam-kangkung-dan-gambarnya.html
Tidak terlalu lama untuk panen kangkung hanya membutuhkan waktu 30 hari atau satu bulan dari awal penanaman sudah bisa dipanen. Cara pemanenan ada yang dicabut hingga akar-akarnya dan ada yang hanya diambil diri pangkal batang.

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry