Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Saturday, November 22, 2008

Cara Mengatasi Kebocoran Tabung Gas

Ledakan kompor gas biasanya terjadi karena tabung gas mengalami kebocoran. Tabung gas akan meledak atau terbakar bila melibatkan tiga unsur sekaligus yaitu adanya udara (oksigen), suhu, dan gas yang keluar itu sendiri.

Ledakan akan terjadi jika campuran gas di udara mencapai sekitar empat persen pada suhu tertentu. Akan tetapi, kompor gas akan menyala normal bila kadar gasnya di bawah itu. Semakin besar gas yang keluar, akan semakin menyengat bau gas yang Anda cium. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi kebocoran tabung gas di rumah Anda:

1. Pada awalnya gas yang keluar dari tabung gas tidak berbau.
Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab gas yang keluar dari tabung gas telah ditambah semacam odoran (zat penimbul bau khusus). Tujuannya adalah agar Anda langsung waspada jika kadar gas yang keluar melebihi kapasitasnya.


2. Periksalah bagian-bagian dari kompor dan tabung gas Anda.
Kebocoran dapat disebabkan karena kompor tidak tertutup rapat, selang bocor, sambungan selang atau kompor tidak rapat, atau regulator tidak bekerja dengan baik.

3. Jangan panik jika Anda mencium bau gas yang menyengat.
Segeralah buka pintu dan jendela. Lalu, cabut regulator yang terpasang dan matikan keran kompor. Hindari menyalakan lilin, korek api, rokok, ataupun saklar listrik karena dapat menimbulkan api.

4. Jika kebocoran sudah terjadi, segeralah Anda cari sumber kebocoran.
Cara mencarinya sama dengan cara tukang tambal ban mencari sumber kebocoran pada ban. Oleskan air sabun pada bagian yang diduga mengalami kebocoran. Lalu, air sabun tersebut akan menggelembung pada bagian yang bocor.

5. Jika api sudah terlanjur menyala, usahakan agar tidak menyemprotnya dengan air atau pemadam kebakaran lainnya.
Cara ini memang bisa mematikan api, tetapi gas yang masih mengalir akan berpotensi menimbulkan ledakan. Jadi, cara yang terbaik adalah menghentikan aliran gas dengan menutup keran kompor. Agar tabung tidak ikut meledak, basahi tabung dengan air dingin atau karung basah.

Sumber: Klasika Kompas 17 September 2008

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry