Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Sunday, November 23, 2008

Google Yang Menakjubkan


Dr. Kai-Fu Lee, seorang pentolan Microsoft di Cina yang dibajak oleh Google mengatakan: “Muda + kebebasan + keterbukaan + model baru + manfaat bagi masyarakat umum + kepercayaan = Keajaiban Google”.

Itulah gambaran Google. Sebuah kerajaan bisnis dengan kekayaan lebih dari 80 miliar dolar (tahun 2005) yang alih-alih dipandang sebagai sebuah korporasi, yang biasanya dipandang sinis karena profit oriented, namun dipandang sebagai malaikat penolong, yang memberikan berbagai layanan umum yang bernilai dan gratis kepada penggunanya.

Saya yakin sekali tidak ada pengguna internet di bumi ini dan di sekitarnya yang tidak kenal Google. Namun mengenal Google lebih jauh akan membuat anda tercengang dan berdecak kagum. Selama ini kita menikmati layanannya yang luar biasa, dari mesin pencari, blogspot, youtube, gmail dan masih banyak lagi. Tapi, sekali lagi, membaca buku Kisah Sukses Google ini membuat anda bisa merasakan sebuah maha karya dua orang pemuda seperti yang digambarkan oleh Dr. Lee di atas.
Buku Kisah Sukses Google ini ditulis dengan sangat menarik dan menampilkan cerita-cerita perjalanan Larry dan Page yang akan memberikan banyak inspirasi baik kepada para pembelajar IT, entrepreneur, investor, pakar manajemen, ilmuwan gen, maupun pekerja sosial.

Berikut adalah 8 cerita yang luar biasa dari buku ini:
  1. Google berhasil mendapatkan dana 25 juta dolar dari investor modal ventura bahkan sebelum mereka mempunyai Business Plan. Sangat tidak masuk akal ada investor yang berani menggelontorkan dana sebesar itu tanpa mengetahui bagaimana mereka akan mendapatkan pendapatan. Jangan kan rencana pendapatan, dari mana pendapatan itu berasal pun belum diketahui. Tapi begitulah kenyataannya.
  2. Jangan membayangkan server yang dimiliki Google adalah server super seperti yang sering diiklankan IBM. Server Google adalah rangkaian PC-PC murah yang saling dihubungkan sedemikian rupa. System operasinya pun menggunakan Linux yang gratisan.
  3. Kira-kira apa latar pendidikan Manajer Operasi Google pada awal pendiriannya?. Profesor IT?, bukan, dia adalah Dr. Jim Reese, seorang dokter spesialis bedah otak lulusan Harvard dan Yale Medical School.
  4. Siapakah orang yang paling dicintai dan ditunggu-tunggu karyanya di Google? Dia adalah Charlie Ayers, koki perusahaan yang selalu memberikan kejutan hidangan istimewa di waktu makan siang. Charlie adalah satu-satunya koki di suatu perusahaan di dunia yang direkrut dengan benefit opsi saham!.
  5. Sebelum datang CEO Eric Schmidt, Google hanya menggunakan program akuntansi murahan, yaitu Quiken. Kalau di Indonesia sekelas dengan Accurate/Zahir yang seharga 5 jutaan perak.
  6. Apa sih fasilitas karyawan di Google?: makan siang, cemilan berlimpah, layanan binatu, peñata rambut, dokter umum, dokter gigi, pencucuian mobil, tempat penitipan anak, fasilitas kebugaran dengan pelatih pribadi, tukang pijat professional, lapangan voli pantai, lapangan futsal, hoki sepatu roda, skuter, pohon palma, kursi bean bag, anjing. Hmm, pengin pindah kerja?
  7. Google tidak dipimpin oleh seorang CEO seperti kebanyakan perusahaan pada umumnya. Kepemimpinan Google adalah triparti, Larry & Sergey (sang pendiri), dan Eric Schmidt yang bergelar CEO.
  8. Google menjungkirbalikkan tradisi di Wall Street dalam proses IPO (penawaran saham perdana). Sebagai contoh, Google hanya membayar perusahaan underwriter setengah dari fee yang biasa mereka dapatkan. Bagi para peminat pasar modal dan keuangan silahkan baca selengkapnya di halaman190.

Walaupun buku ini ditulis tahun 2005, tidak ada kata terlambat untuk mencari inspirasi dari buku hebat ini. Selamat membaca.

David A. Vise dan Mark Malseed, Kisah Sukses Google (terjemahan), Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2006. 361 halaman.

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry