Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Sunday, September 13, 2009

Analisa SWOT bisnis distribusi Aqua Danone.

Agustus 8, 2007 — triwoko


Menjawab pertanyaan beberapa rekan komunitas milis, berikut sharing bisnis air mineral yang sudah saya jalani.

Saat ini saya sebagai Sub Distributor Aqua Danone dengan wilayah pemasaran di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.

Kajian analisa SWOT :

Strength :

- Brand Aqua Danone sangat kuat

- Aqua Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)

- Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk.

Weakness :

- Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor

- Margin tipis

- Diperlukan Modal Kerja yang cukup signifikan

- Ketika musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.

Opportunity :

- Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar

- Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food (Biskuat dll).

Threat :

- Persaingan harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border)

- Tidak dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.

——————————————————————————————————-

Strata keagenan dan Harga Jual Aqua Danone :

(Catatan : volume minimum = volume setiap pengiriman = volume per invoice)

1. Direct : End user, Konsumen Rumah Tangga / Perkantoran, volume minimum 1, tidak ada target, harga jual air (isi saja) Rp 9.000 s/d Rp 10.000 (diantar)

2. Retailer : Toko Kecil / Warung, volume min 5 s/d 10, tidak ada target, harga jual Rp 8.050.

3. Whole Seller : toko besar / grosir, volume min 50, target vol min. 2.000 / bln

4. High Class Outlet : Hotel, Supermarket, Hypermarket, Toserba …> mempunyai aturan tersendiri dan kontrak jangka panjang serta berhubungan langsung dengan principal Aqua Danone, Jakarta.

5. Star Outlet : Sub Distributor dengan wilayah tertentu, volume min 500, target volume min 12.500 / bln

Modal kerja yang diperlukan tergantung Strata Agen yang diinginkan, namun point yang penting :

1. Sewa tempat usaha, syukur apabila sudah mempunyai kios / ruko sendiri.

2. Telpon PSTN / Flexy dengan nomor cantik, agar mudah diingat pelanggan.

3. Harga botol (galon) Rp 30.000,- / buah

4. Sepeda motor / Mobil jenis Pick Up / Light Truck (tergantung strata keagenan), dipakai untuk distribusi produk

5. Biaya Overhead selama 3-6 bulan.

Demikian sekelumit point penting tentang keagenan bisnis air mineral, semoga bermanfaat.

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry