Sunday, September 13, 2009

USAHA PENJUALAN GAS ISI 3KG SEBAGAI SUBAGEN




Kebutuhan gas saat ini sangat besar pada penduduk indonesia, ini disebabkan oleh diberhentikannya subsidi pemerintah pada minyak tanah sehingga mengakibatkan melonjaknya harga minyak tanah. Otomatis semua orang berpindah memakai gas daripada minyak tanah karena gas lebih murah. pemerintah pun sudah mengatasi masalah ini dengan membagikan tabung gas dengan tujuan agar masyarakat berpindah dari pemakaian minyak tanah yang langka dan mahal sebagai bahan bakar kepada gas isi 3kg. Saat ini hampir 100% masyarakat memakai gas sebagai bahan bakar kompor, dengan demikian usaha penjualan gas isi 3kg menjadi peluang yang bagus untuk diusahakan. Gas isi 3kg dipilih karena kebanyakan masyarakat kita yang kebanyakan masyarakat menengah ke bawah memakai gas 3kg ini. Kalau sudah mencapai target penjualan yang diinginkan atau setidak-tidaknya usaha ini sudah mulai berjalan dan stabil baru disediakan gas yang berisi 5kg dan 12kg sebagai pelengkap.

Untuk menjadi sub agen gas @3kg pertama-tama harus dilihat lokasi pasar. Lokasi yang bagus adalah diluar Jakarta, seperti bekasi tanggerang depok. Intinya lokasi yang masih belum ada sub agen gasnya atau masi jarang agen gasnya sehingga harga stabil dan tidak ada saingan. Kalau di daerah dalam kota Jakarta persaingan sangat ketat sebab sudah banyak subagen-subagen lain yang sudah buka lebih dahulu dan sudah punya nama, sehingga harga menjadi saling menjatuhkan antar sesama sub agen yang mengakibatkan keuntungan berkurang atau sedikit. Setelah mendapatkan lokasi yang sesuai dan menguntungkan langkah selanjutnya mendatangi agen gas untuk menjadi sub agen dari agen tersebut.

Apa saja yang harus disiapkan untuk memulai menjadi sub agen gas@3kg adalah inventaris 1 unit mobil pick up untuk pengangkutan dari agen dan pengantaran ke toko-toko, tapi biasanya para agen memberi servise delivery order jadi cukup pakai sepeda motor yang tiga rodanya yang dapat menampung 50 tabung untuk pengantaran ke toko-toko pelanggan saja, jadi kalau satu hari dua kali pengiriman untuk 100 tabung, nanti kalau sudah banyak orderan baru membeli mobil pick up, dengan perhitungan mendapatkan harga yng lebih murah karena gas diambil sendiri dari agennya dan pesanan sudah banyak. Kalau ada agen didaerah yang telah disurvey dan cocok padat dan rame maka akan lebih baik bekerja sama dengan mereka, karena biasanya mereka juga mengasi jatah 30 toko pelanggannya. Jatah 100 tabung sehari itu adalah kebutuhan dari 30 toko pelanggan. Tapi bukan karena begitu kita puas, harus ada target yang harus dicapai.

Langkah-langkah yang dibutuhkan

1- Mencari lokasi berpenduduk padat sekitar 4000 orang dan merupakan wilayah luar jakarta yang masih jarang subagen gasnya.

2- Menemui agen gas terdekat untuk dijadikan suplaiyer dan melakukan negosiasi agar mendapatkan harga yang murah dengan memesan 200 tabung gas, 100 tabung dikirim ke toko-toko pelanggan dan 100 tabung lagi sebagai stok cadangan di gudang. Dengan demikian ketika 100 tabung telah habis dan tabung kosong dikirin ke agen untuk pemesanan 100 tabung terisi, stok yang 100 tabung digudang dikirin ke toko-toko pelanggan sehingga persediaan tidak kosong dan pengiriman tidak tersendat.

3- Menyewa tempat yang layak dan murah untuk dijadikan gudang tempat menampung stok cadangan.

4- Berkeliling ke toko-toko untuk mendapat pelanggan baru, sampai mendapatkan setiap hari 60 pelanggan yang dapat menghabiskan 200 tabung perhari sampai mencapai target menghabiskan 300 tabung perhari, diliat dari perkembangan selanjutnya sampai titik jenuhnya.

5- Menjual ke toko-toko dengan harga yang murah sehingga mendapat banyak pelanggan terutama untuk penjualan pertama tabung dan isinya jangan mengambil banyak untung sehingga harga dijatuhkan untuk menarik pelanggan baru (harga pasaran untuk pembelian tabung dan isi Rp150.000,- bisa dijatuhkan menjadi Rp135.000,-).

6- Menyediakan dana cadangan untuk pembelian 100 tabung, ini ditujukan untuk pemesanan dari pelanggan baru yang berhasil didapat sehingga tidak mengganggu persediaan untuk pelanggan lama.

Jumlah modal yang dibutuhkan dan buat apa saja modal tersebut

1- Satu unit sepeda motor bekas tiga roda Rp8.000.000,- (kalau bisa kredit yang baru untuk mengurangi beban modal)

2- 100 tabung gas(merupakan target awal pemasaran) + 100 tabung cadangan @ Rp125.000,- X 200 tabung = Rp25.000.000,-

3- Sewa tempat untuk jadi gudang sekalian toko khusus gas @3kg per dua tahun Rp 12.000.000,-

4- Pembuatan 4000 lembar pamphlet fotocopy untuk pemasaran kepada perorangan (eceran) Rp50,- X 4000 lembar= Rp200.000,-

5- Modal cadangan untuk pembelian 100 tabung gas @3kg Rp12.500.000,-

Total jumlah modal yang dibutuhkan adalah Rp57.700.000,-

Target keuntungan dan pemasaran yang dapat dicapai

Agar mendapatkan keuntungan dan target yang dituju atau setidak-tidaknya mendekati target yang dituju, dengan cara mengambil untung sedikit sehingga banyak yang berlangganan yang akhirnya juga untung banyak. Untung banyak karena banyaknya pelanggan, ini membutuhkan negosiasi yang baik kepada agen yang menyuplai agar mau memberi harga murah. Karena semakin banyak jumlah yang dipesan semakin murah harga yang didapat dari agen. Tetap mencari pelanggan baru setiap harinya, untuk itu diperlukan brosur atau pamphlet untuk disebarkan di seluruh wilayah radius berpenduduk 4000 orang dengan menuliskan harga eceran. Tapi diberitahukan bahwa kita agen, harus komitmen dengan mematok harga sesuai harga eceran, tapi kalau ada yang memesan banyak maka bisa diberi harga modal ditoko. Artinya menambah jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya.

Harga eceran adalah Rp14.000,- sedangkan harga untuk toko-toko untuk dijual lagi Rp12.500,- (modal dari agen Rp11.500,-)

Kalau sehari dapat orderan dari toko-toko jatah langganan dari agen sebanyak 100 tabung, maka keuntungan yang dapat dihasilkan adalah 100 tabung X Rp1000,- keuntungan setiap tabung, total =Rp100.000,- itu baru melayani jatah pelanggan yang dikasi oleh agen.

Kalau sudah mencapai target yang diinginkan yaitu 250 tabung perhari, maka keuntungan yang dihasilkan adalah Rp1000,- X 250 = Rp250.000,- perhari.

Kalau banyak yang membeli eceran karena sudah terkenal, maka itu lebih bagus. Sebab dengan cara menjual dengan harga eceran semakin banyak keuntungan yang bisa didapat. Jika dijual dengan harga eceran keuntungan yang didapat per tabung adalah Rp2.500,- maka kalau bisa mencapai 50 tabung perhari yang laku dengan harga eceran akan dihasilkan keuntungan per hari Rp125.000,- total keuntungan penjualan eceran dan pesanan toko perhari Rp125.000,- ditambah Rp250.000,- sama dengan Rp375.000,-

Dengan mendapat keuntungan Rp375.000,- perhari, maka sudah tercapai target yang ditujukan. Dan ditotal perbulan Rp375.000,- X 30hari = Rp11.250.000,- keuntungan yang dapat dihasilkan. Untuk mencapai target tersebut dengan cepat dan mudah dibutuhkan keuletan dan komitmen tetap semangat dan optimis bila ada kendala-kendala, seperti sulitnya menambah pelanggan.

Bila ditemukan kasus kesulitan mendapat pelanggan, perlu dilakukan penyebaran dengan seluas-luasnya. Yang tak kalah pentingnya juga adalah kepandaian bernegosiasi dengan agen. Atau pandai-pandai mencari lobang baru dari agen lain yang memeberi harga lebih murah. Dengan mendapatkan lobang lebih murah, akan mempermudah mendapat pelanggan-pelanggan baru. Dan bahkan akan menambah keuntungan berlipat.

Kalau sudah mendapat pelanggan yang banyak dan sesuai target jangan berhenti dan merasa puas sehingga pelayanan untuk pelanggan berkurang. Ini terkadang terjadi dan mungkin banyak terjadi sehingga banyak pelanggan yang kecewa. Bila itu terjadi pada penjual lain, maka peluang bagi yang tetap menjaga pelayanan untuk pelanggan, bahkan terus menambahkan pelayanan yang makin bagus. Hal ini bisa dengan menjaga agar pengiriman tidak pernah telat, melayani pemesanan kapan saja 24 jam sehari melalui pesan telfon bahkan dengan memesan lewat sms, dan lain-lainnya yang dapat mempermudah dan memanjakan pelanggan.

Penutup

Berusahalah selalu berfikiran untuk pelanggan dengan terus –menerus menekan harga agar semurah-murahnya sehingga pelanggan merasa senang.

Selanjutnya tekunlah dalam berkomitmen dan berusaha yang kemudian ditambahkan doa kepada Allah dan kemudian tawakkal berserah kepadaNya dalam melaksanakan setiap usaha agar mendapatkan rezekinya yang tidak disangka-sangka! Amin.

wassalamualaikum

Muaz Tsabit



Referensi :

Mohammad Eko Arfandhy (sub agen gas di Cikarang)

No comments: