Thursday, January 19, 2012

Bisnis Kartu Nama

Ditulis Oleh : Sumarwan

Kartu nama adalah suatu elemen penting bagi pelaku bisnis. Bisnis bisa terjadi dimana saja dan untuk menjalin hubungan bisnis diperlukan setidaknya tukar kartu nama. Kartu nama bisnis juga berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan atau bisnis kita pada orang lain.

Bagi seorang pengusaha, kartu nama memiliki fungsi yang sangat penting. Bentuknya memang hanya berupa potongan kertas kecil, namun manfaatnya sangat besar. Kartu nama berisi informasi agar klien semakin mudah menghubungi Anda saat mereka memerlukan jasa Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk membuka bisnis kartu nama?


Fungsi Kartu Nama

Sebelum membahas peluang bisnis kartu nama, ada baiknya Anda mengetahui fungsi utama kartu nama. Berikut ini merupakan beberapa fungsi kartu nama yang terbilang penting.

Sebagai wakil citra dan eksistensi perusahaan melalui logo, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan jenis usaha.

Sebagai identitas pemilik kartu nama melalui nama, jabatan, gelar, alamat email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Sebagai sarana pendukung komunikasi ketika pertemuan berlangsung.

Sebagai media untuk mencatat informasi tambahan mengenai tanggal lahir, event pertemuan saat perkenalan, nama suami atau istri, serta keterangan lain.

Sebagai data base prospek yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk keperluan bisnis.


Informasi dalam Kartu Nama

Saat membuat kartu nama, ada beberapa informasi yang harus disertakan, yaitu sebagai berikut.

Logo perusahaan
Nama perusahaan
Nama personal
Jabatan dalam perusahaan
Kontak person
Nomor telepon
Alamat
Email


Etika Menerima dan Memberikan Kartu Nama

Menggunakan kartu nama ternyata tidak bisa main-main. Menerima maupun memberikan kartu nama memiliki aturan. Berikut ini merupakan beberapa aturan atau etika saat Anda menerima kartu nama dari relasi atau rekan baru.

Kartu nama diterima dengan kedua tangan.

Perhatikan dan bacalah kartu nama itu sejenak. Kemudian, berikan komentar singkat mengenai informasi yang terdapat pada kartu nama. Misalnya, bidang usahanya atau bagaimana cara pengucapan nama orang tersebut.

Jika kartu nama diterima saat meeting, letakkanlah di atas meja untuk membantu Anda mengingat nama pemilik kartu nama tersebut serta menyebutkannya sesekali dalam pertemuan.

Perhatikan adat kebiasaan setempat. Ingat, jangan menuliskan informasi pada kartu nama jika hal itu dinilai tidak sopan.

Simpanlah kartu nama di dalam dompet atau tempat khusus kartu nama.

Jika Anda berniat memberikan kartu nama, berikut ini etikanya.

Pastikan kartu nama dalam keadaan bersih tanpa coretan maupun lusuh.

Serahkan kartu nama menggunakan kedua tangan.

Arahkan nama atau tulisan pada kartu nama menghadap ke arah mitra bicara.

Sebutkan informasi penting yang perlu disampaikan. Misalnya, “Ini alamat kantor baru saya, Pak.”


Bisnis Mudah dan Irit

Bisnis kartu nama terbilang sangat mudah karena telah tersedia aneka software template kartu nama yang bisa mempermudah kerja Anda. Selain mudah dioperasikan, bisnis kartu nama tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan untuk membuka bisnis ini pun sangat simpel, di antaranya sebagai berikut.

Software template kartu nama.
Kertas, tinta, dan kotak atau box kartu nama.
Komputer.
Printer.


Harga Jual

Anda bisa menjual kartu nama seharga Rp40.000,00 setiap kotak yang berisi 100 lembar. Selain ditentukan dalam box, kartu nama bisa dijual sesuai jenis kertas yang digunakan serta hasil print, satu sisi atau dua sisi. Sebagai contoh, jika Anda dapat menjual 5 box kartu nama dalam sehari, berarti hasil yang didapat sekitar Rp200.000,00.

Bayangkan jika penghasilan tersebut dikalkulasikan dalam 1 bulan, berarti Anda akan mendapatkan hasil 200.000 x 30 = Rp6.000.000,00. Dari hasil tersebut, Anda mengalokasikan sekitar Rp2.000.000,00 untuk biaya sewa tempat, karyawan, kertas, tinta, dan box. Maka, Anda akan mendapatkan untung sekitar Rp4.000.000,00 setiap bulan.

No comments: