Sunday, January 08, 2012

Tutorial Menambang emas dari Motherboard Usang

yap bnar, kira2 menambang emas beneran dari mobo usang

Logam mulia ini ditemukan hampir disemua komponen2 komputer--prosesor, mobo, pci card, memory dimms, dan sebagainya. Tentu saja kadar emas dalam masing2 part tersebut adalah kecil skali.

Please note:
bahan2 kimia yg digunakan dalam demo ini sangat berbahaya, terutama dalam penggunaan konsentrat nya. SEbaiknya jangan dilakukan dirumah.

Emas ditemukan tersebar di dalam mobo(motherboard)
IDE connectors, PCI Express slot, PCI, AGP, ISA, dan other ports, jumper pins, the processor socket, and DIMM (SIMM on older motherboards) slots.


Jadi tahap pertama dari eksperimen ini untuk mengambil pin dan konektor, gunakan tang japit-potong, cutter, obeng, gemuk(oli padat/silicon grease) dan dibutuhkan banyak pin2 dan konektor dari mobo tersebut.
kira2 segini:

alat2nya:


Untuk mengambil beberapa mikrogram gram yg terdapat pada pins, gunakan pengisi batterai aki. Bak ini mengandung 95% asam sulfur. Katoda di pin(timah) dan anoda nya adalah tembaga. Pin dan konektor di taruh di tembaga anoda, yg berbentuk sperti sendok.


Dengan mengalirkan arus listrik, tembaga akan terlepas dari sisi anoda dan terkumpul di sekitar pin katoda. Emas akan terkelupas dari tembaga, membentuk sedimen di dasar bak. Awas temperatur akan meningkat tajam dari proses ini.


Kemudian buang asam sulfur nya ke segelas air dan jangan sebaliknya.


setelah selesai tuangkan ke gelas lain dan filter kertas sebagai penyaring, isi gelas tersebut adalah campuran asam belerang 35% dan klorin pemutih(sodium hypochlorite) 5% proporsinya adalah 2:1
2 HCl + NaClO -> Cl2 + NaCl + H2O


hati2 dan BAHAYA! menimbulkan gas klorin


Kenyataannya, klorin yg dihasilkan dengan asam belerang dan pemutih klorin adalah yg akan melarutkan emas ke bentuk emas(III) klorida
2 Au + 3 Cl2 -> 2 AuCl3


Filter lagi ke gelas yg kosong


Untuk mengambil logam emas, kita perlu mengendapkan emas tersebut. Untuk itu, gunakan bubuk sodium metabisulfat. Dengan larutan air, sodium metabisulfat menghasilkam sodium bisulfat
Na2S2O5 + H2O --> 2 NaHSO3


Sodium bisulfat ini yg akan membuat emas mengendap
3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O --> 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au


Sekarang, yg kita butuhkan adalah melebur bubuk dalam crucible(tempat melebur logam)
Titik lebur emas adalah 1064C, jadi dengan api dari oxy-butane(gas butana) akan beres.


dan bginilah hasilnya:


eh yg bner ini ko




translate by azchtein
http://www.tomshardware.com/picturestory/550-gold-motherboard-chemistry.html

No comments: