Wednesday, August 24, 2011

Usaha Rumput Laut

Bisnis Makanan Olahan Rumput Laut PDF Cetak E-mail
Selasa, 19 Juli 2011 14:43

Indonesia yang dijuluki zamrud katulistiwa kaya menyimpan sumber daya laut yang komparatif karena tersedia dalam jumlah besar dan beraneka ragam jenis. Bila bisa dimanfaatkan secara bijak dengan biaya yang relatif murah, peluang usaha kecil pun bisa tercipta. Salah satu sumber daya laut yang dapat dikelola untuk menuai laba adalah rumput laut. Kekayaan alam hayati yang dipercaya kaya akan vitamin serta mineral ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan yang selain potensial beromzet besar tapi juga bernutrisi tinggi.



manisan_rumput_lautContoh makanan olahan rumput laut yang bisa dijadikan sumber penghasilan adalah cendol, manisan dan puding. Selain berbiaya murah, tiga jenis makanan olahan itu telah mempunyai pangsa pasar yang cukup luas jadi sangat potensial untuk dikembangkan dalam industri makanan berskala mikro. Tertarik?



Rumput laut yang umumnya dipakai sebagai bahan baku cendol, manisan dan puding adalah Euchemuma cotonii yang telah dikeringkan. Mau tahu langkah-langkah sederhana pembuatan cendol, manisan dan puding berbahan dasar rumput laut? Simak saja uraian berikut seperti yang dikutip dari rumputlaut.org.



Cendol

Rumput laut yang telah dipotong, disiram dengan air hangat + 15 menit. Penyiraman tidak harus memakai air hangat yang baru, air hangat bekas pun dapat dipakai kembali asal masih hangat.
Rumput laut ditiriskan.
Apabila menghendaki rumput laut warna hijau atau merah dapat dicampur dengan pasta pandan. Akan tetapi bila menginginkan warna putih tidak perlu diberikan campuran seperti itu. Setelah tiris dapat segar dicampur dengan santan dan air gula merah.

Manisan

Setelah dipotong, rumput laut dimasukkan ke dalam larutan gula. Perbandingan jumlah gula dan rumput laut basah adalah 1 : 1.
Perendaman di dalam larutan gula kira-kira 5 – 10 menit. Setelah itu ditiriskan.
Seperti pembuatan cendol, bila ingin warna selain putih dapat diberi pasta pandan. Pemberian dapat juga dilakukan sebelum direndam dalam larutan gula. Namun, larutan gula akan menjadi berwarna sehingga hanya dapat dipakai untuk rumpu t laut yang sewarna. Pemberian warna harus merata agar menarik konsumen bila hendak diperdagangkan.

Puding

Rumput laut yang telah dipotong, direbus dengan air dan susu cair. Banyaknya susu kira-kira satu kaleng untuk 1 kg rumput laut basah atau sesuai dengan selera.
Agar rasa puding lebih nikmat dapat juga ditambahkan sedikit gula, vanili, dan garam. Pasta pandan diberikan bila ingin warna selain putih.
Setelah mendidih, segera diangkat dan dituang dalam cetakan-cetakan.



Jangan lupa untuk mengemas masing-masing produk olahan tersebut secara menarik dan higienis agar dilirik oleh konsumen. Makanan olahan rumput laut ini juga bisa dijual saat bulan Ramadan tiba sebagai alternatif makanan berbuka puasa selain kolak dan kurma. Nah, selamat berbisnis!
sumber: here

No comments: