Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Saturday, February 17, 2018

Arti Lambang Garuda Beserta Gambar dan Penjelasannya | Terlengkap



Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila. Semboyan kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. semua itu merupakan dasar dari negara ini dan setiap masyarakat wajib mengetahuinya. bagi sobat yang belum faham apa makna garuda pancasila ?, silahkan baca baik-baik penjelasannya dibawah. semuanya sudah dirangkum lengkap.

Lambang Garuda Pancasila dirancang oleh Sultan Hamid 2 dari Pontianak. setelah itu disempurnakan lagi oleh Presiden pertama kita Ir.Soekarno. peresmian untuk menetapkan Garuda sebagai lambang negara pertama kali paa tahun 11 Februari 1950 pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat. 

Bentuk Garuda Pancasila adalah burung garuda yang ada dalam mitologi sejarah bangsa Indonesia. Filosofi burung garuda merupakan kendaraan Wishnu yang sangat mirip dengan burung Rajawali. Sebagai Lambang Negara Indonesia, Garuda menggambarkan bahwa negara kita adalah negara yang kuat dan besar.

Arti Warna Emas pada burung garuda melambangkan kejayaan dan keagungan bangsa Indonesia.
Makna Sayap, Paruh, Ekor, dan Cakar Garuda adalah tenaga pembangunan serta melambangkan kekuatan.
Makna Jumlah Bulu Burung Garuda Pancasila mengartikan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada Tanggal 17 Agustus 1945, berikut rinciannya:
  • Sayap memiliki bulu masing-masing 17 helai kanan dan kiri.
  • Ekor garuda memiliki 8 helai bulu
  • Leher garuda memiliki 45 bulu
  • 19 helai bulu pada bagian bawah perisai

Perisai

Perisai adalah sebuah tameng pelindung yang sudah digunakan dalam peradaban indonesia. perisai sebagai senjata yang melambangkan pertahanan, perjuangan, perlindungan diri dalam mencapai suatu tujuan.
Garis Hitam Tebal di Tengah Perisai mengartikan garis khatulistiwa, yang merupakan lokasi Negara Indonesia. Negara tropis yang dilewati garis hkatulistiwa dari timur ke barat.
Warna dasar dibagian ruang perisai adalah warna bendera Indonesia, yaitu "Merah Putih". dibagian tengahnya berwarna hitam.

Pita yang dicengkram bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika


  • Kedua kaki garuda  yang mengeluarkan akar mencengkram sehelai pita berwarna putih. pada pita bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika" berwarna hitam polos.
  • Arti Seomboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah Mmeskipun berbeda-beda akan tetapi kahikatnya tetap satu kesatuan. kata "Bhinneka" berarti berbeda-beda, kata "tunggal" = satu, kata"ika" = itu.  semboyan negara Indonesia digunakan untuk mengambarkan semua perbedaan daerah, suku bangsa, ras, agama maupun kepercayaan dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  Lima ruang dalam bentuk perisai mewujudkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. berikut adalah urutan lambang garuda pancasila pada ruang perisai:

  

http://www.sri-ya.com/2018/02/arti-lambang-garuda-beserta-gambar-dan.html


Bentuk lambang sila pertama adalah bintang tunggal bercahaya



Bunyi Sila Pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa memiliki lambang cahaya berbentuk bintang dibagian tengah perisai, lima sudut berlatar warna hitam.

Arti Sila ke 1

· Bintang mengartikan sebuah cahaya sebagai kerohanian untuk setiap manusia.

·  Latar warna hitam melambangkan alam yang menunjukkan bahwa Allah bukanlah sekedar halusinasi manusia, tetapi sangan pencipta dari segalanya sebelum dan setelah alam semesta ada.
http://www.sri-ya.com/2018/02/arti-lambang-garuda-beserta-gambar-dan.html
Bentuk lambang sila kedua adalah rantai



Bunyi sila Kedua : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dengan lambang tali rantai berbenttuk persegi dan bulatan. posisinya berada dibagian kiri bawah berlatar warna merah.

Arti sila ke 2 :

·   Mata rantai bentuk persegi melambangkan laki-laki, sedangkan bentuk lingkaran mengartikan perempuan.

·   Mata rantai yang saling mengikat memberikan arti bahwa setiap manusia baik laki-laki maupun wanita saling membutuhkan da harus bersatu untuk mendapatkan kekuatan layaknya sebuah rantai.
http://www.sri-ya.com/2018/02/arti-lambang-garuda-beserta-gambar-dan.html

Bentuk lambang sila ketiga pohon beringin



Bunyi sila ketiga : Persatuan Indonesia. Dilambangkan dengan bentuk pohon beringin, berada dibagian kiri atas perisai dengan warna latar putih.

Arti sila ke 3 :

·    Makna pohon beringin adalah karena pohonnya besar dan banyak orang bisa berteduh dibawahnya, layaknya semua masyarakat Indonesia bisa berteduh dibawah kesatuan negara Indonesia.

·    Akar pohon beringi yang menjalan kemana-mana, namun tetap asalnya dari satu pohon mengartika, keaneka ragaman suku bangsa yang bersatu dalam negara Indonesia.
http://www.sri-ya.com/2018/02/arti-lambang-garuda-beserta-gambar-dan.html

Lambang sila keempat kepala banteng



Bunyi sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dilambangkan kepala banteng yang terletak dibagian atas sebelah kanan perisai. adapun latarnya berwarna merah.

Arti sila ke 4 : Banteng digunakan karena hewan ini merupakan hewan yang sangat uka berkumpul. seperti halnya dalam musyawarah, ketika rakyat harus berkumpul untuk membicarakan sesuatu.

http://www.sri-ya.com/2018/02/arti-lambang-garuda-beserta-gambar-dan.html

Makna Lambang sila kelima padi dan kapas
Bunyi sila kelima : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia memiliki lambang kapas dan padi, terletak bagian bawah kanan perisai dengan warna latar putih.



Arti sila ke 5 : makna padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar manusia, seperti sandang dan pangan yang menjadi syarat utama mencapai suatu kemakmuran. ini merupakan tujuan utama sile kelima.




Semoga Bermanfaat bagi Para Pembaca dan terima Kasih Untuk Coment di wesbsite ini
Link Download

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry