Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Tuesday, February 20, 2018

Bata Ringan dan Cara Perhitungan Terlengkap

Bata Ringan dan Cara Perhitungan Terlengkap
Bata Ringan dan Cara Perhitungan Terlengkap

 



http://www.sri-ya.com/2018/02/bata-ringan-dan-cara-perhitungan.html
Bata ringan adalah batu bata yang memiliki berat paling ringan daripada bata pada umumnya dan ukurannya lebih besar sehingga bata ringan lebih cepat dalam pemasangannya.
Ada dua type bata ringan: yang pertama bata ringan type Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan yang kedua bata ringan type Cellular Lightweight Concrete (CLC). Keduanya type tersebut memiliki konsep yang sama yaitu menambahkan gelembung udara ke dalam mortar sehingga akan mengurangi berat beton yang dihasilkan secara signifikan. Perbedaan bata ringan AAC dengan CLC terlihat dari segi proses pengeringan yaitu AAC mengalami pengeringan dalam oven autoklaf bertekanan tinggi sedangkan bata ringan jenis CLC yang mengalami proses pengeringan secara alami menggunakan tenaga matahari. nama lain dari bata ringan CLC adalah Non-Autoclaved Aerated Concrete (NAAC). Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan

Kenapa harus memilih bata ringan ?

Bata ringan memiliki banyak keunnnggulan, diantara keunggulan bata ringan dibanding bata jenis lain adalah:
· Tahan panas /Api : Bata ringan pada umumnya memiliki sifat perambatan panas yang rendah sehingga bata ringan tahan pada suhu panas
·  Daya serap air rendah : dengan daya serap air yang rendah sehingga aman dari flek pada dinding
·  Mudah dalam pemasangan : ukurannya yang presisi memudahkan dalam pemasangan
·  Cepat dan rapi : ukuran bata ringan yang relatif besar dan lebar menjadikan pemasangan cepat namun tetap rapi.
· Tahan gempa : bata ringan memiliki berat jenis yang ringan sehingga aman terhadap getaran maupun gempa.
· Tahan bising : memiliki kekedapan suara yang baik menjadikan bata ringan kedap suara.

Bahan baku dan proses pembuatan bata ringan

Bata ringan AAC adalah beton selular dimana gelembung udara yang ada disebabkan oleh reaksi kimia, adonan AAC umumnya terdiri dari pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air, dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi).Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan.Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran. Adonan beton aerasi yang masih mentah ini, kemudian dimasukkan ke autoclave chamber atau diberi uap panas dan diberi tekanan tinggi. Suhu di dalam autoclave chamber sekitar 183 derajat celsius. Hal ini dilakukan sebagai proses pengeringan atau pematangan.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Saat pencampuran pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air, dan alumunium pasta, terjadi reaksi kimia. Bubuk alumunium bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada di dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen. Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung udara di dalam campuran beton tadi. Gelembung-gelembung udara ini menjadikan volumenya menjadi dua kali lebih besar dari volume semula. Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfir dan langsung digantikan oleh udara. Rongga-rongga udara yang terbentuk ini yang membuat beton ini menjadi ringan
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Menghitung kebutuhan bata ringan
Hebel adalah material untuk dinding bangunan yang sedang populer. Banyak orang awam yang bertanya bagaimana cara menghitung jumlah kebutuhan bataringan untuk dinding bangunan ? 1 kubik bata ringan/ hebel berapa meter persegi ? dan masih banyak lagi. Biasanya mereka membanding dulu antara bata ringan dengan batu bata merah karena belum banyak orang yang mengenal dan menggunakan bata ringan / hebel.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Sebelum membangun rumah sebaiknya anda harus mengerti cara menghitung kebutuhan bata ringan, karena ini sangat penting. Dengan mengetahui cara ini kita bisa membuat gambaran berapa jumlah bata ringan yang akan dibeli. Bata ringan sebenarnya sudah lama popular di dunia proyek. Namun akhir-akhir ini banyak rumah tinggal 2 lantai yang menggunakan bata ringan sebagai dinding karena beratnya yang ringan sehingga mengurangi beban konstruksi.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Cara perhitungan volume material ini sedikit berbeda dengan cara menghitung jumlah bata merah pada dinding. Untuk memasang bata ringan dibutuhkan mortar atau semen instan sebagai perekatnya, karena tidak seperti bata merah yang menggunakan adukan campuran semen dan juga pasir.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Kenapa Harus Menggunakan Bata Ringan Untuk Dinding ?
Memang harga bata ringan lebih mahal dibandingkan dengan bata merah, akan tetapi karena ukuran yang perisi, ukuran yang lebih besar dari bata merah yang menjadikan pekerjaan jadi cepat dan juga beratnya ringan menjadi primadona bagi tukang bangunan. Ukuran yang biasa di jumpai di toko ada 2 yaitu : panjang 60 cm, lebar 20 cm, tebal  10 cm dan satunya lagi panjang 60 cm, lebar 20 cm dan tebal 7,5 cm. Jadi yang membedakan hanya tebalnya saja.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Untuk mendapatkan bata ringan sekarang sangat mudah, toko bahan bangunan di daerah juga udah pada menyediakan. Tugas selanjutnya adalah teliti dalam membeli, trus bagai mana mengetahui bata ringan yang bagus? 
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Ciri bata hebel yang bagus adalah dilihat bentuknya yang utuh tidak pecah dan warnanya yang putih, jika di masukan kedalam air akan mengapung. Bata ringan dibagi menjadi 2 jenis yaitu AAC  yang dibuat menggunakan teknologi moderen dan CLC yang dibuat manual atau home industri. Sebaiknya pilih yang AAC karena kualitas udah SNI dan lolos uji laboratorium.
Cara Pemasangan Bata ringan
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Untuk memasang bata ringan tidak bisa menggunakan semen biasa , melainkan menggunakan semen khusus bata ringan atau semen mortar sebagai perekatnya. Untuk 1 zak mortar berat  40 kg kurang lebih bisa untuk 10 meter persegi luas dinding dengan ketebalan 3 mm. Adapun merk untuk mortar yang populer antara lain : MU, Dry mix, Sun Mortar, dll.
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Memasang hebel tidak seperti memasang batu bata pada umumnya. Penggunaan thin bed mortar ( perekat khusus hebel) hanya seperlunya saja, jadi gak harus tepal dan banyak.
Rumus Menghitung Kebutuhan Hebel (Bata Ringan)
Sebelum kita menghitung jumlah kebutuhan bata ringan / hebel untuk dinding sebaiknya kita mengetahui berikut ini :
  • 1 kubik bata ringan = 83 buah untuk ukuran 10 cm dan
  • 1 kubik  bata ringan = 111 buah untuk ukuran 7,5 cm
  • Satuan ukuran bata ringan menggunakan kubikasi.
  • Selanjutnya adalah kita perlu mengetahui kebutuhan batar ingan tiap 1 meter persegi dinding. Caranya adalah 1 meter persegi dibagi ukuran panjang x lebar hebel. = 1:(0,2×0,6) = 1:0,12 = 8,3 buah
Sebagai ilustrasi saya ingin memberiakan contoh. Jika kita mempunya ruangan dengan panjang 6 m, lebar 5 meter dan tinggi dinding 3 meter berapa jumlah kebutuhan bata ringan yang harus dibeli?
Dijawab :
  • Keliling bangunan = 2 x ( panjang = 6 m + lebar = 5 m) =  22 meter
  • Setelah itu kita mencari luas = 22 m x tinggi dinding 3 m = 66 meter2
  • Mencari kebutuhan bata ringan = 66 m2 x 8, 3 (jumlah hebel per meter 2 )= 549,7 buah
  • Jika di konversi ke kubik = 549, 7 : 83 buah (ukuran bata ringan 10 cm) = 6, 6 kubik
Pada hitungan diatas saya konversi terlebih dahulu ke satuan kubik (m3) karena memang di dunia proyek untuk memesan bata ringan ke supplier harus dengan satuan kubikasi. Karena supplier juga memberikan harga per kubik. 
Baca Juga Cara Pemasangan Bata Ringan
Mungkin cara menghitung kebutuhan hebel / bata ringan di atas bisa menjadi pengetahuan buat teman-teman sedikit gambaran cara menghitung jumlah kebutuhan bata ringan.



from :
Google.com
www.sri-ya.com

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry