Saturday, July 02, 2011

Cara Efektif Untuk Mengajar di Kelas

Berikut ini adalah tips bagaimana guru berkomunikasi yang efektif dengan siswanya di kelas. Tidak hanya dalam berbicara tapi juga saat mendengar, dan menulis kepada siswa.
1. Lihat kepada siapa anda berbicara, karena semakin muda usia siswa semakin perlu kita menyederhanakan kata-kata. Walaupun topik yang sama yang anda hantarkan, tetap saja mesti sipilih kata-kata yang sekiranya cepat dimengerti oleh siswa. Diharapkan dengan demikian siswa akan cepat menangkap maksud yang anda sampaikan. Stiker akan cocok untuk ditempel di kertas pekerjaan siswa yang lebih kecil, sementara tulisan tangan (notes) akan lebih cocok untuk siswa yang lebih besar.
2. Jadilah orang yang mampu mendengar dengan antusias, usahakan jangan membagi perhatian
anda pada hal lain saat sedang berbicara dengan siswa anda. Setelah selesai siswa anda bicara, katakan seperti ini padanya, “Biar ibu/bapak ulangi, yang ibu/bapak mengerti bahwa kamu mengatakan ……..”
3. Anda adalah orang yang menjadi model berbahasa dan berkomunikasi lisan dan tulisan di kelas, siswa kita di kelas semakin muda usianya ibarat kaset kosong yang merekan semua yang anda katakan.
4. Saat menulis bahasa tulisan, ingatlah bahwa yang anda tulis akan bertahan lama di ingatan siswa. Sebagai contoh berapa banyak dari kita sebagai guru yang menulis berapa jumlah jawaban yang betul pada lembar kertas jawaban siswa saat test. Artinya sebagai guru kita biasanya langsung menulis nilai dan membiarkan siswa menebak berapa betul dan berapa salah yang ia dapatkan.Akan lebih bagus lagi jika anda tidak sekedar menilai tetapi juga memberi ucapan yang bernada motivasi yang membesarkan semangat siswa sebagai pembelajar.
5. Saat menulis status anda di facebook, gunakan bahasa tulisan yang baik dan benar, hindari bahasa sms, karena mengajar subyek apapun kita, sejatinya semua guru adalah guru bahasa bagi siswanya.
6. Jika anda mengajar di taman kanak-kanak, jangan perlakukan mereka seperti bayi dengan berbahasa dan bersikap ‘membayi-bayikan’ siswa anda.
7. Siswa dalam berbagai tingkatan ilmu juga punya harga diri. Hindari sikap menyindir dan merendahkan harga dirinya di hadapan siswa lain.
8. Saat berkomunikasi non verbal dengan siswa, hindari
• tangan bersedekap atau melingkar di dada karena itu berarti anda mengambil jarak dan tidak mau mengerti siswa dari awal.
• menunjuk-nunjuk saat sedang bicara dengan siswa karena itu berarti guru berusaha memaksakan kehendak.
9. Untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan saat kita sedang marah atau memperingatkan siswa mengenai kesalahan yang ia lakukan, silangkanlah tangan ke belakang punggung, ini akan menghindarkan kita dari melakukan kekerasan pada siswa.

No comments: