Menjadi Lebih baik dan terbaik walaupun buruk dimata orang | Doakan Orang Tua Anda | Sedekahkan harta anda Kepada Fakir Miskin dan Kaum yang tertindas | Hari ini Mungkin kematian menjemput kita tetapi maka dari itu kerjakanlah kebaikan walau di mata manusia tak ada harganya

Thursday, July 21, 2011

Kosakata Bahasa Inggris Yang Lebih Pas Buat Bibir

Apabila Anda ditanya, mana yang lebih sering Anda ucapkan : error atau mistake, apa kira-kira jawabannya? Bila Anda diminta menjawab mana yang lebih kerap Anda pakai ketika menulis ‘mendapatkan’ : receive atau get’, yang mana jawaban Anda?.

Semua bahasa memiliki ciri unik dalam struktur tulis (written) dan ucap (spoken)-nya. Ciri-ciri unik itu diperlihatkan dalam tatabahasa, dan pemilihan kata. Khusus untuk pemilihan kata, kita seolah sudah memiliki kesepakatan bahwa, misalnya, kata mistake lebik enak diucapkan katimbang error. Dan kata receive lebih pas digunakan dalam tulisan daripada get, dan dengan demikian get lebih nyaman dipakai dalam bahasa lisan : ‘That was my mistake. I am sure I’ll get punishment for that’ lebih enak daripada “That was my error. I’m sure I’ll receive punishment for that”

Sejumlah pakar bahasa menyatakan pilihan kata itu menandakan tingkatan formal dan informal. Kata-kata yang digunakan untuk keperluan tertulis biasanya adalah kata formal, dan untuk keperluan lisan biasanya adalah jenis kata informal.

Longman Dictionary of Contemporary English terbitan Pearson Education Limited, Harlow, England, 2003 memberikan sajian menarik tentang kata-kata umum yang lebih sering digunakan dalam bahasa lisan, dan tentu saja kata-kata yang lebih pas dalam bentuk tertulis. Fakta ini mereka buat berdasarkan riset dari lembaga Longman Corpus Network yang memiliki database sebesar lebih dari 300 juta kata yang diambil dari contoh bahasa lisan dan tulisan. Hasil riset mereka memberikan perbandingan penggunaan suatu kata antara bahasa tulis dan bahasa lisan. Inilah beberapa di antara kata-kata yang diriset oleh Longman Corpus Network, yang saya yakin, Anda kenal.

Absolutely (benar-benar) : 3,6 lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan. Dengan demikian, ‘benar-benar’ dalam bahasa tulis bisa jadi adalah really, extremely dan lain-lain.

Actually (sebenarnya) : 50 kali lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan. Untuk keperluan tertulis, orang menggunakan in fact.

Alone, on your own, by yourself (sendiri, sendirian) : on your own lebih banyak digunakan untuk keperluan lisan, menyusul by yourself dan alone. Untuk bahasa tulis, alone lebih banyak digunakan, sementara on your own ada di peringkat dua dan by yourself duduk di urutan ketiga.

Bear, stand, endure (tahan) : stand lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan, dan bear lebih sering digunakan dalam bahasa tulis.

Bet (bertaruh) : 10 kali lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan daripada bahasa tulis.

Certainly (pasti) : lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan, dan kata surely lebih banyak untuk tulisan.

Begin, commence, start (mulai) : start jauh lebih banyak disukai untuk lisan, dan begin lebih disukai untuk tulisan. Commence tidak terlalu populer dan lebih banyak dipakai dalam bahasa hukum.

Error, mistake (kesalahan) : mistake lebih disukai untuk ucapan. Untuk tulisan, error dan mistake sama-sama disukai.

Examine, take a look, inspect (memeriksa) : meski lebih panjang, frasa take a look lebih pas digunakan secara lisan, sedangkan untuk keperluan tulisan, ketiga kata ‘memeriksa’ tersebut dipakai secara berimbang.

Funny (lucu, aneh) : lebih banyak digunakan dalam bahasa lisan.

Just (baru saja, hanya) : 4 kali lebih banyak dipakai dalam bahasa lisan.

A little, a bit (sedikit) : a bit lebih disukai untuk bahasa lisan, dan a little lebih pantas dalam bahasa tulis.

Let, allow, permit (membiarkan, mengijinkan) : let lebih disukai sebagai kata lisan. Allow dan permit menyusul. Dalam bahasa tulisan, allow lebih disukai.

At present, now, at the moment (sekarang) : mungkin karena pendek, now jauh lebih disukai. Di urutan kedua adalah at the moment, dan di urutan ke tiga bertengger at present. Now juga lebih sering dipakai di bahasa tulis katimbang dua rekannya.

Receive, get (menerima): get lebih banyak digunakan untuk bercakap, dan receive lebih pas untuk bahasa tulis.

Remain, stay (tinggal) : stay lebih disukai untuk bercakap, dan remain lebih enak untuk bahasa tertulis.

Require, need (memerlukan) : need lebih punya banyak fans untuk bercakap sekaligus untuk menulis. require terkesan sangat formal.

Sorry (maaf) : lebih banyak diminati untuk berbicara katimbang forgive me atau my apology.

Demikianlah. Mudah-mudahan sekarang Anda sudah punya gambaran kata-kata mana yang enak di bibir dan mana yang enak di pena atau keyboard.

No comments:

Humanity|Respect|Try To Not Cry